Tag Archives: resep masakan

Resep Ayam Shihlin yang Ternyata Gampang Banget!

Kepoopuleran Taiwan gak Cuma boybandnya lho! Tapi juga makannya ini. Taiwanese fried chicken adalah salah satu street food khas Taiwan yang lebih banyak orang mengenalnya dengan ayam shihlin. Sebenarnya, shilin sih sebutan merek yang menjual snack ini. Saking populernya, banyak orang yang pengen bikin ayam shihlin sendiri dirumah.

Penasaran seperti apa cara membuat ayam shihlin? Cek resepnya dibawah ini:

Resep Ayam Goreng Taiwan (Shihlin)

Shihlin

Bahan:
· 4 dada ayam, dipukul hingga lebar
· 80 ml kecap asin
· 2 sdm cuka beras
· 1 sdt bubuk cabe
· 1 sdm gula
· ½ sdt bubuk ngo hiong / five spice
· minyak goreng
· 1 cangkir tepung terigu
· 2 telur (kocok lepas)
· 1 cangkir tepung tapioka / tepun sagu

Bahan Bumbu
· 1 sdt gula
· 2 sdt bubuk ngo hiong
· 1 sdt bubuk cabe
· atau bumbu bubuk favourite kamu (keju or BBQ)

Cara Membuat:

  • Siapkan mangkuk besar, campurkan kecap asin, cuka beras, bubuk cabe, gula, ngo hiong dan merica, lalu aduk rata
  • Pukul-pukul dada ayam, hingga lebar dan pipihkan hingga lebar dan besar
  • Marinasi ayam 15 menit di campuran sauce, jgn terlalu lama nanti ayam bisa matang karena asam cuka.
  • Panaskan minyak
  • Keluarkan ayam dari bumbu marinasi, tiriskan.
  • Balur ayam ke tepung terigu, telur dan tepung tapioka
  • Lalu goreng hingga matang sempurna dan renyah, tiriskan
  • Lalu, bumbui dgn bumbu powder
  • Sajikan

Ayam shihlin ini memiliki tekstur kulit renyah diluar dan juicy daging ayamnya. Serunya membuat ayam goreng khas Taiwan ini juga bisa jadi lauk lho!

Yuk coba resep diatas dan jangan ragu untuk berbagi resep ini untuk teman-teman kamu. Mereka pasti suka!

Cheers,

sukalaper

Cek Resep Cireng Salju & Bumbu Rujak Pedas Manis Termudah

Cireng atau kepanjangan dari aci di goreng ini memang salah satu jajanan yang kini makin banyak disukai orang. Terlebih lagi cireng dinikmati dengan bumbu rujak yang manis pedas.

Walaupun hanya dibuat dari tepung aci / sagu dengan air, cireng cocok untuk cemilan dimanapun. Sepertinya semua cemilan berbahan aci sangat laku dipasaran ya, seperti cilok, cimol, dan ini nih, cireng! Tapi sekarang ada resep cireng ala abang-abang yang crispy dibagian luar nih!

Cireng

Rasa gurih cireng sendiri didapat dari garam, bawang putih dan daun bawang. Jika kamu tidak menambahkan bahan tersebut, maka akan kurang rasa.

Kreasi cireng ini bisa kamu buat sendiri dirumah lho! Mudah bahkan hasilnya bisa lebih banyak daripada beli di toko. Cireng salju adalah cireng yang paling disukai orang karena rasanya yang kenyal dengan renyah dibagian luar. Ternyata ada trik membuat cireng salju renyah seperti itu lho! Nah, cara membuat cireng salju dengan bumbu rujak bisa kamu praktekkan dengan resep dibawah ini nih!

Resep Cireng Salju

Cireng

Bahan Biang Cireng:
50 gr tepung sagu
180 ml air
Bahan Cireng:
150 gr tepung sagu
3 siung bawang putih
2 batang daun bawang
1 sdt merica bubuk
Garam

Bahan Bumbu Rujak:
3 buah cabai rawit
6 buah cabai rawit
4 sdt air asam jawa
2 buah daun jeruk
1 sdt air jeruk nipis
3 sdm gula merah

Cara Membuat cireng salju bumbu rujak:
Masak biang cireng diatas panci panas hingga lengket dan transparan, lalu angkat.
Setelah adonan cireng hangat, campur bahan kering dan aduk rata.
Lalu, bentuk adonan bulat pipih dan balut dengan tapung sagu dan goreng hingga matang.

Cara Membuat Bumbu Rujak:
Haluskan cabai dan gula merah.
Tambahkan air asam jawa, jeruk nipis dan daun jeruk. Aduk rata.
Masak bumbu hingga matang dan angkat.

Mudah bukan? Kamu bisa buat sendiri cireng salju dan bumbu rujaknya yang pedas manis. Ikuti setiap langkahnya untuk hasil cireng yang kenyal dan crispy. Yuk dicoba biar gak penasaran!

3 Resep Ayam Bakar yang Mudah dengan Bumbu Paling Meresap!

Resep ayam bakar ini gak Cuma 1! Kamu bisa coba aneka ayam bakar dengan resep berbeda nih! Jadi, masakan rumahmu bisa makin variatif, Yuk catet resep ayam bakar dibawah ini:

Resep Ayam Bakar Bumbu Kelapa

resep ayam bakar

Bahan:
1 ekor ayam (potong selera)
50 gr kelapa parut (sangrai)
Garam & lada
1 buah perasan jeruh nipis
2 lbr daun jeruk
500 ml santan
½ sdt gula merah
Minyak goreng
9 buah cabe rawit
5 siung bawang putih
3 buah cabe merah besar
Gula
5 buah bawang merah
Terasi

Cara Membuat Ayam Bakar Kelapa:

  • Lumuri daging ayam yang sudah dibersihkan dengan garam, air jeruk dan merica. Biarkan hingga meresap.
  • Bakar ayam hingga setengah matang.
  • Haluskan bumbu (bawang putih, bawang merah, cabe merah & rawit), lalu tumis dengan minyak. Tambah garam dan gula.
  • Masukkan terasi dan daun jeruk.
  • Masukkan parutan kelapa dan haluskan.
  • Masaklah bumbu hingga harum lalu tambah santan.
  • Masukkan daging ayam yang sudah dimasak tadi, lalu tunggu hingga matang.
  • Bakar ayam yang sudah dimasak tadi, dan siap disajikan.

Resep Ayam Bakar Solo

resep ayam bakar

Bahan:
1 ekor ayam (potong sesuai selera)
2 batang serai
500 ml air kelapa
4 lbr daun salam
4 sdm kecap manis
2 cm lengkus
2 sdm air asam jawa
3 sdm gula jawa

Bahan Bumbu:
1 ruas jahe
10 siung bawang merah
Garam
6 siung bawang putih
4 cm kunyit
½ sdt jinten

Cara Membuat:

  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, lalu masukkan lengkuas, serai dan daun salam. Tumis hingga harum.
  • Masukkan daging ayam ke bumbu lalu tambah gula jawa, kecap dan air asam jawa. Masak kembali.
  • Tuang air kelapa dan masak hingga kuah berkurang.
  • Bakar ayam sambil dioles-oleskan bumbu ayam hingga kecokelatan.
  • Angkat dan sajikan.

Resep Ayam Bakar Kalasan

resep ayam bakar

Bahan:
1 ekor ayam (potong sesuai selera)
Garam
2 cm lengkuas
2 lbr daun salam

Cara Membuat:

  • Rebus bawang putih, garam, air kelapa, soda kue, gula merah, daun salam, air asam jawa dan lengkuas sampai mendidih.
  • Masukkan potongan ayam, lalu masak dengan api kecil.
  • Lalu bakar ayam hingga kecokelatan. Sajikan.

Cheers,

sukalaper

2 Resep Pie Susu Khas Bali yang Di Oven atau Teflon, Pilih Mana?

Resep Pie Susu

pie susu

Suka dengan makanan manis seperti pie? Kamu harus coba pie susu khas Bali. Tapi, sekarang gak perlu jauh ke Bali, karena bisa dengan mudah kamu buat sendiri pie susu dirumah. Berikut resep pie susu untuk kamu:

Bahan Kulit (Pie Crust):
250 gr tepung terigu
200 gr mentega beku
Vanilla bubuk
1 butir telur

pie susu

Cara Membuat Kulit Pie:

  • Campur semua bahan di wadah, lalu kamu bisa dengan tangan atau food processor hingga tidak lengket.
  • Gunakan adonan untuk melapisi bagian dalam Loyang lalu sisihkan.
  • Panggang hingga kulit matang dan menjadi kulit pie yang nantinya akan di isi oleh custard.

Bahan Isian (Pie Susu):
400 gr susu kental manis putih
4 sdm tepung maizena
Vanilla bubuk
4 butir telur ayam

Cara Membuat Pie Susu:

  • Campur susu kental manis, tepung maizena dan bubuk vanilla. Lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Masukkan telur 1 per satu sambil diaduk dan tercampur rata.
  • Masukkan air dan aduk rata juga.
  • Lalu, tuang adonan susu kedalam Loyang yang ada kulit pie tadi dan panggang selama 60 menit dalam suhu 170 derajat celcius.
  • Namun, bagi kamu yang tak memiliki oven, bisa juga menggunakan Teflon. Berikut resep pie susu Teflon yang bisa kamu praktekkan.

Resep Pie Susu Teflon

pie susu

Bahan:
150 gr tepung terigu
100 gr mentega
5 sdm air es
3 butir telur
125 ml susu kental manis
75 ml air
1 sdm tepung maizena (larutkan dengan sedikit air)
100 gr keju parut

Cara Membuat:

  • Campur tepung dan mentega beku dengan garpu atau jari-jari tanganmu hingga berpasir, lalu tambahkan air es dan aduk rata.
  • Bungkus adonan dengan plastic wrap dan istirahatkan selama 30 menit di kulkas.
  • Campur kuning telur, susu kental manis, air dan larutan maizena dan aduk rata.
  • Keluarkan adonan dan giling hingga ketebalan sekitar 1/2 cm lalu ratakan pada Teflon.
  • Tuang isi adonan diatasnya.
  • Tutup Teflon dan masak dengan api kecil hingga kulit mengering dan isian matang.
  • Buka tutup Teflon, lalu taburi keju parut dan masak kembali selama 2 menit.
  • Angkat, sajikan.

Resep Ayam Teriyaki 2 Cara, Saus Teriyaki Instant atau Buat Sendiri?

Resep ayam teriyaki dibawah ini bakal dibuat dengan 2 cara. Kamu bisa gunakan saos teriyaki instant atau buat sendiri. Hasilnya sama-sama enak tapi dengan cita rasa yang beda.

Nah, daripada penasaran, mending coba resep ayam teriyaki berikut dan gak perlu lagi beli diluar.

Resep Ayam Teriyaki Termudah

Bahan:

340 gr dada ayam tanpa tulang
1 sdt jahe parut
¼ sdt garam
2 sdt minyak
1 sdm madu
1 sdm mirin
1 sdm kecap manis

Cara Membuat Ayam Teriyaki:

  • Cuci bersih ayam, lalu balurkan dengan parutan jahe dan garam.

Easy Chicken Teriyaki (Pan-fried)

  • Diamkan selama 30 menit.
  • Panaskan minyak di penggorengan, lalu goreng ayam dengan posisi kulit bagian bawah hingga coklat keemasan.

Easy Chicken Teriyaki (Pan-fried)

  • Balik sisi ayam, lalu tutup penggorengan agar ayam matang merata.

Easy Chicken Teriyaki (Pan-fried)

  • Siapkan saus teriyaki dengan mencampur 1 sdm madu, mirin dan kecap, lalu aduk rata.
  • Masukkan saus tersebut ke penggorengan dan masak bersama ayam.

Easy Chicken Teriyaki (Pan-fried)

  • Setelah saus teriyaki cukup kental dan meresap ke ayam, lalu angkat. Sajikan.

Easy Chicken Teriyaki (Pan-fried)

Kalau kamu ingin gunakan saus teriyaki instant juga bisa kok. Begini

Resep Ayam Teriyaki (Saos Instant)

Bahan:

200 gr dada ayam tanpa tulang
100 gr bawang Bombay
1 cabai merah besar & cabai hijau besar
Saos teriyaki instant
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Ayam Teriyaki:

  • Iris serong cabai dan iris bawang Bombay serta ayam berbentuk dadu
  • Siapkan wadah, lalu campur potongan ayam dengan saus teriyaki instan dan diamkan selama 15 menit.

Hasil gambar untuk chicken teriyaki

  • Panaskan minyak, tumis bawang Bombay dan cabai hingga harum. Lalu masukkan ayam dan aduk rata hingga matang.

Gambar terkait

  • Angkat dan sajikan.

Gimana? Mudah kan?

Kamu bisa praktekkan resep teriyaki diatas untuk makan keluarga dan bekal anak sekolah. Mudahnya resep ini bahkan cukup 20 menit dijamin jadi dan lezat.

Jangan lupa tambahkan tumisan sayuran, seperti bokchoy atau brokoli agar kebutuhan sayuran setiap hari bisa terpenuhi. Tumis sayuran tak perlu terlalau matang karena akan menghilangkan nutrisi pada sayur. Cukup tumis sebentar dengan bawang putih dan tambahkan garam juga merica. Jadi deh!

Selamat Mencoba

Cheers,

sukalaper

 

Resep Ayam Betutu & Sambal Matah yang Asli dari Bali

Ayam betutu adalah salah satu makanan khas Bali yang paling dicari saat wisata ke Pulau Dewata. Saat kamu berlibur ke Bali dan mencari makanan yang khas, maka ayam atau bebek betutu lah jawabannya. Namun, daripada jauh ke Pulau Bali, kamu bisa mencoba sendiri resep ayam betutu dirumah berikut ini:

Resep Ayam Betutu khas Bali

Bahan Ayam Betutu:

  • 1 ekor ayam
  • 2 batang serai
  • 2 lbr daun salam
  • Daun pisang untuk membungkus
  • Alumunium foil

Bumbu Halus:

  • Minyak goreng untuk menumis
  • 15 cabai merah
  • 4 cm jahe
  • 4 cm kunyit
  • 5 cm lengkuas
  • 2 batang serai
  • 100 gr bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 4 butir kemiri
  • 4 lbr daun jeruk
  • ½ sdt merica
  • 2 sdt garam

Cara Membuat Ayam Betutu:

  • Bumbu: Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  • Lumuri ayam dengan bumbu tadi hingga rata, lalu diamkan semalaman agar meresap.
  • Setelah itu, tambah serai dan daun salam, lalu bungkus dengan daun pisang dan alumunium foil pada bagian luarnya.
  • Kukus ayam ke dalam dandang selama 2 jam lalu angkat.
  • Panggang ayam dengan suhu 185C selama 20 menit atau hingga matang
  • Angkat dan sajikan.

Menikmati ayam betutu Bali rasanya kurang lengkap tanpa sambal matah. Setelah tahu resep ayam betutu, berikut resep sambal matah khas Bali yang mudah.

Resep Sambal Matah Bali

Bahan:

  • 15 siung bawang merah (iris halus)
  • 3 siung bawang putih (cincang)
  • 10 cabai rawit merah (iris halus)
  • 3 batang serai (iris halus bagian putih saja)
  • 5 lbr daun jeruk purut (buang tulang dan iris halus)
  • 2 buah jeruk nipis
  • Minyak goreng

Bumbu halus:

  • ½ sdt terasi bakar
  • Garam

Cara membuat sambal matah:

  • Campur semua bahan yang di iris tadi dengan terasi halus, aduk rata.
  • Panaskan minyak goreng lalu matikan api.
  • Masukkan minyak goreng panad ke dalam bahan irisan lalu tambahkan garam dan air jeruk nipis.
  • Sajikan bersama ayam betutu dan nasi putih hangat.

Resep Masakan Jepang: Gyoza yang Praktis Dibuat Dirumah + Bisa untuk Bekal

Gak harus beli gyoza di restoran Jepang, sekarang kamu bisa bikin gyoza sendiri lho dirumah. SukaLaper akan berbagai resep kulit, isian hingga saus gyoza yang lezat!

Yuk coba!

Resep Masakan Jepang Gyoza

Resep Kulit Gyoza

Bahan:
250 gr tepung terigu
Garam secukupnya
125 ml air

Cara Membuat kulit gyoza:

  • Masukkan garam kedalam air panas, lalu tambahkan tepung terigu. Campuh hingga kalis.
  • Setelah itu, diamkan selama 30 menit.
  • Setelah diistirahatkan, adoni adonan hingga lembut dan siap dibentuk.

Cara Membentuk Kulit Gyoza:

  • Ambil adonan, lalu bentuk silinder.
  • Potong-potong adonan silinder menjadi beberapa bagian lalu pipihkan.
  • Agar adonan yang sudah dibentuk tidak menempel satu sama lain, taburkan tepung maizena diantaranya.

Resep Gyoza Ayam

Bahan:
2 sdm daun bawang (cincang)
100 gr daging ayam (cincang)
1 siung bawang putih (haluskan)
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
Garam secukupnya

Cara Membuat Gyoza:

  • Campur daging ayam dan daun bawang cincang, bawang putih, garam dan saus tiram. Aduk rata.
  • Ambil 1 sendok teh campuran daging ayam dan masukkan ke kulit gyoza
  • Oleskan air ke bagian kulit, lalu lipat. Lakukan hingga kulit gyoza habis.
  • Tata gyoza dalam penggorengan. Lalu masak sebentar dan tambahkan air sedikit dan tutup. Lalu masak dengan cara di steam.
  • Masak hingga kecokelatan dan angkat lalu sajikan.

Resep Saus Gyoza

Bahan:
Kecap asin
Cuka
Chili oil

Cara Membuat:
Campur semua bahan jadi satu dan aduk rata.

Gimana? Mudah bukan membuat gyoza? Kamu bisa prakatekkan sendiri nih dirumah. Kamu juga bisa bikin dalam porsi banyak, lalu simpan di freezer. So, kamu punpunya frozen food homemade sendiri tanpa harus beli diluar.

Dengan membuat gyoza sendiri dirumah, maka kamu bisa dapatkan cemilan yang berkualitas, enak dan tentunya tanpa bahan pengawet.

Oiya, kalau kamu gak mau ribet bikin kulit gyoza sendiri, kamu juga bisa beli kulit dumpling yang sudah ada di toko atau pasar. Ini bisa menjadi cara praktis membuat gyoza lebih cepat. Untuk hasil juga tak jauh berbeda kok! Selamat mencoba ya!

Cheers,

sukalaper