Tag Archives: bebek peking

Resep Bebek Peking Merah Homemade serasa Bebek Panggang Cina Asli

Kini kamu bisa membuat bebek peking sendiri lho dirumah. Tak perlu jauh-jauh ke cina atau restoran, kamu cukup lengkapi semua bahan membuat bebek peking ini dan VOILA… bebek peking buatan rumahan bisa kamu nikmati.

Nah, SukaLaper ingin berbagi resep bebek peking merah khas Cina, catet yaaa bahan dan cara membuatnya.

Resep Bebek Peking Merah

Easy Peking Duck, by http://thewoksoflife.com /thewoksoflife/:

Bahan:
1 ekor bebek peking
1 buah mentimun
1 butir telur

Bumbu:
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah pekak
2 sdm bumbu ngohiong
2 sdm saus cabai
1 sdt ketumbar
2 sdt lada

Bahan Saus:
6 sdm gula pasir
6 sdm kecap manis
1 ½ sdm minyak wijen
1 sdt garam
125 ml air

Cara Membuat:

After getting through deep-fried Sichuan duck, I wanted to see if I can make decent Peking duck at home. The elaborate process takes days so I hope you’ll join in the process and see what happens along the way. You’ll either laugh, cry, and/or get hungry. Where and how to buy a duck? I don't have a live poultry shop near me so I bought my duck at a Chinese market in San Jose, California. Such a grocery store has a high turnover of duck and they are freshly butchered with the head and feet sti...:

  • Cuci bersih bebek
  • Campur semua bumbu bebek menjadi Satu
  • Masukkan semua bumbu ke dalam tubuh bebek lalu lumuri juga bagian luarnya.
  • Lalu jahit bagian anus bebek agar bumbu tidak tumpah saat di masak.
  • Gantung bebek selama 8-9 jam agar bumbu meresap.
  • Panaskan oven, lalu panggang bebek selama 1 jam atau hingga berwarna cokelat.

Cara membuat saus:

  • Campur semua bahan saus kecuali minyak wijen.
  • Panaskan minyak wijen di wajan dan masak hingga mengetal.
  • Sajikan

Nah, mudah kan?
Kamu bisa ikuti resep SukaLaper diatas dan buktikan rasanya gak kalah dari bebek peking di restoran lho!

Selamat Mencoba!

Cheers,

sukalaper

Ini Si Bebek Peking yang Punya Kulit Renyah & Merah Meronaaaaaa

Bebek peking, kalau kamu denger nama ini pasti 1 hal yang paling diingat adalah makanan khas cina. Bedanya bebek peking dari bebek jenis lain adalah kualitas dagingnya. Selain itu, bebek peking panggang khas Cina juga diolah dengan bumbu khasnya.

Nah, kebetulan SukaLaper berkesempatan makan siang di salah satu resto yang menyajikan Bebek Peking di Jakarta. Dalam 1 porsi, SukaLaper pesan bebek peking dan roasted duck, keduanya memiliki rasa yang berbeda.

bebek peking
Sumber: SukaLaper Personal Photo

Restoran yang berada di Cilandak Town Square (CITOS) ini menyajikan berbagai olahan bebek panggang dengan bumbu yang berbeda. Nah, demi merasakan rasa asli bebek peking, SukaLaper pesan menu bebek yang hanya dinikmati bersama sausnya.

Begini ulasannya:

  • Tampilan: Menurut SukaLaper, tampilan sangat menggoda iman…hehe. Warna merah merona yang mengkilap bikin sumpitmu segera mendarat di dagingnya yang tebel. Dalam 1 porsi, terdapat 2 jenis bebek panggang dengan garnish yang khas makanan cina, sayuran wortel dan mentimun.
  • Rasa: Untuk rasa, personally Sista SukaLaper suka dengan roasted ducknya (yang berwarna coklat). Kenapa? Karena rasanya lebih meresap dan empuk. Untuk bebek yang berwarna merah memiliki tekstur lebih padat, tapi sayang bumbunya tidak semeresap roasted duck.
  • Tekstur: Roasted duck punya tekstur daging yang lembut sedangkan peking duck sangat terasa serat daging bebeknya yang tebal.

Overall Score: 8.5/10

Setelah coba bebek peking ini, SukaLaper dibikin penasaran sama warna merah dari peking duck ini. Hemm…. Dikasih pewarna atau apa yaa? TERNYATA……

Angkak, Jawabannya!

bebek peking
angkak

Sudah pernah dengar rempah yang satu ini kah? Ternyata, angkak ini nih yang bikin bebek panggang cina tampak merah. Di beberapa restoran bebek peking bisa benar-benar merah bahkan seakan diberi pewarna makanan. Eitsss, tapi nggak kok, tenang aja, karena angkak adalah rempah yang terbuat dari beras putih yang di fermentasi menjadi warna merah.

Baca juga:

Resep Bebek Peking Merah Homemade serasa Bebek Panggang Cina Asli

Penggunaan angkak ternyata banyak di obat-obatan cina lho! Jadi, buat kamu yang kini takut makan bebek peking karena warnanya merah merona, gak perlu khawatir deh mulai sekarang. Tapi, kamu harus pastikan kalau beli bebek panggang cina ini di restoran yang memang sudah terpercaya, jadi gak perlu khawatir soal cara mengolahnya.

Oiyaaa… yang bikin bebek panggang ini makin yummy adalah kulitnya yang renyah. Kalau di restoran bebek goreng mungkin kamu temukan kulit bebek yang garing karena proses menggoreng yang lama. Nah, kalo ini beda nih… Kamu bisa merasakan renyahnya kulit bebek yang tipis dengan daging yang lembut dan moist, hmmmm…yumm…

Buat kamu yang pengen coba bebek panggang beda dari yang lain, bebek peking khas Cina ini bisa dicoba nih!

Cheers,

sukalaper