Category Archives: Seafood

Keunggulan Si Ikan Roa yang Populer dengan Sambal Roa-nya khas Manado

Ikan roa adalah salah satu ikan khas Manado. Ikan ini diolah menjadi sambal roa yang kini semakin populer di penjuru Indonesia. Rasa pedas dan aroma ikan ini yang khas membuat sambal roa digemari banyak orang. Ikan roa sendiri ternyata dikenal di berbagai dunia dengan sebutan garfish.

Walaupun kecil, ternyata ikan ini memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi pada ikan roa antara lain protein, omega 3, kalori, gula dan karbohidrat.

Mengkonsumsi ikan ini tak hanya dari olahannya berupa sambal, tapi juga makanan lain. Selain lezat, ikan ini juga penuh manfaat, berikut manfaat ikan roa untuk kesehatan:

Manfaat Ikan Roa

Hasil gambar untuk ikan roa

1. Mencegah Penyakit Jantung

Ikan roa mengandung omega 3 yang cukup tinggi. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini karena omega 3 mampu membantu proses kerja jantung untuk memompa dan menyaring darah dengan mudah. Maka, jantung akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Ikan khas Manado ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, karena kandungan omega 3-nya. Omega 3 mampu menstabilkan kadar kolesterol sehingga stabil kembali. Jadi, konsumsi ikan roa untuk menu sehari-hari tentu sangat sehat.

3. Menambah Gula Darah

Jika Anda tidak suka makanan manis, maka ikan roa bisa menjadi pilihan. Pemilik kadar gula yang rendah bisa menormalkan kembali dengan mengkonsumsi ikan ini. Kadar darah yang rendah bisa menyebabkan badan lemas, lesu dan lelah.

4. Penangkal Kanker Payudara

Selain buah dan sayur, ikan ini juga bisa menjadi anti kanker payudara. Untuk itu, masukkan ikan roa ke menu sehari-hari dan dapatkan manfaatnya untuk kesehatanmu.

Resep Sambal Ikan Roa

Hasil gambar untuk ikan roa

Bahan:
100 gr ikan roa asap
2 sdm minyak sayur
1 buah tomat merah (potong dadu)
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Bahan Bumbu Halus:
10 buah cabai merah besar
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
4 buah cabai rawit merah

Hasil gambar untuk ikan roa

Cara Membuat:
Buang tulang dan kulit ikan, lalu suwir-suwir atau haluskan di food processor.
Panaskan wajahn, lalu sangrai ikan dan masak hingga harum Angkat dan sisihkan.
Panaskan minyak kembali, lalu tumis bumbu halus hingga matang lalu masukkan ikan.
Tambahkan tomat, garam dan gula lalu aduk hingga rata.
Angkat dan sajikan.

5 Makanan Khas Jepang Populer yang Mudah dibuat Di Rumah

Makanan khas Jepang memang selalu menarik bagi orang Indonesia, terbukti dengan selalu ramainya restoran Jepang di Jakarta. Namun, kini kamu bisa membuat sendiri makanan khas Jepang dirumah. Berikut resep aneka makanan khas Jepang yang mudah dibuat:

Resep Makanan Khas Jepang

1. Ayam Teriyaki

Makanan Khas Jepang

Bahan:
Daging ayam (dada / paha atas) potong dadu
3 ½ sdm mirin
3 ½ sdm kecap asin
1 ½ sdt kecap manis
2 sdm gula merah bubuk
1 sdt jahe parut
1 ½ sdt minyak wijen
1 sdm maizena
2 sdm minyak

Cara Membuat:

  • Di mangkuk, masukkan ayam, mirin, kecap asin, kecap manis, gula merah, jahe, minyak wijen dan tepung maizena. Campur semua bahan dan aduk rata. Biarkan selama 2 menit.
  • Panaskan minyak di wajan, lalu masukkan campuran ayan tadi di wajan dan masak selama 1 meitt. Aduk hingga matang.
  • Sajikan.

2. Dorayaki

Makanan Khas Jepang

Bahan:
4 butir telur
140 gr gula pasir
2 sdm madu
160 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdm air
1 sdt minyak zaitun/canola, dll
520 gr pasta kacang merah (anko)

Cara Membuat:

  • Di mangkuk, campur telur, gula, dan madu lalu kocok hingga mengembang.
  • Masukkan tepung dan baking powder yang sudah di ayak lalu campur rata dan diamkan di kulkas 15 menit.
  • Pastikan adonan halus, lalu tambahkan 1 sdm air dan aduk kembali.
  • Panaskan penggorengan anti lengket, lalu tuang minyak, lalu lap kembali dengan tisu dapur.
  • Masukkan adonan selayaknya kamu membuat pancake.
  • Tunggu hingga ada gelembung kecil, lalu baru balik.
  • Setelah semua adonan jadi, isi dengan pasta kacang merah dan timpa dengan adonan lainnya.
    Jadi deh!

3. Resep Chicken Karaage

Makanan Khas Jepang

Bahan:
Dada ayam
6 sdm sake jepang (optional)
3 sdm kecap asin
½ ruas jahe parut
1 sdt minyak wijen
Tepung maizena
Minyak goreng

Cara Membuat:

  • Siapkan ayam yang sudah di potong di wadah, lalu tambahkan sake, kecap asin, jahe parut, minyak wijen dan marinasi selama 30 menit atau lebih.
  • Panaskan minyak di penggorengan, lalu goreng ayam dengan metode deep fry (tenggelam) hingga ia matang. Angkat beberapa menit, lalu kembalian lagi goreng deep fry hingga kecokelatan.
  • Angkat.
  • Kamu bisa menyajikan chicken karaage bersama salad coleslaw atau mayonnaise dan saus sambal.

4. Resep Tamagoyaki

Makanan Khas Jepang

Bahan:
3 butir telur
1 sdm susu
1 sdm wortel
1 sdm bawang Bombay
1 sdm daun bawang
Garam & Merica

Cara Membuat:

  • Pecahkan telur di mangkuk, lalu tambahkan susu dan garam.
  • Kocok hingga halus lalu saring agar kocokan telur halus dan tidak ada gumpalan.
  • Tambahkan wortel, bawang Bombay, daun bawang dan lada lalu kocok kembali.
  • Panaskan penggorengan anti lengket dengan sedikit minyak.
  • Masukkan telur sedikit agar membentuk lembaran tipis, masak setengah matang lalu gulung ke sudut penggorengan.
  • Masukkan kembali kocokan telur ke penggorengan lalu gulung dengan melanjutkan gulungan pertama, lakukan terus hingga kocokan telur habis.
  • Angkat dan potong sesuai selera.

5. Resep Oyakodon

Makanan Khas Jepang

Bahan:
2/3 kaldu ayam
1 sdm kecap asin
1 sdm mirin
1 sdt gula
Dada ayam
Bawang Bombay
2 butir telur
1 Daun bawang

Cara Membuat:

  • Siapkan penggorengan, panaskan kaldu, tambahkan kecap asin, mirin dan gula, biarkan mendidih.
  • Tambahkan ayam lalu masak hingg kaldu mendidih selama 10 menit.
  • Masukkan bawang Bombay dan masak hingga 2 menit.
  • Tuangkan telur yang sudah di kocok dan masak 2-3 menit.
  • Taburkan potongan daun bawang, sajikan.

Resep Masakan Praktis Pemula untuk Si Pengantin Baru

Resep masakan praktis bagus banget tuh untuk para pengantin baru. Agar makin disayang suami, istri juga harus menyajikan masakan yang nikmat kan. Tapi tak perlu yang ribet untuk bisa makan masakan lezat, karena dengan resep masakan praktis ini, kamu hanya butuh bahan sederhana dengan waktu memasak yang singkat.

Resep Masakan Praktis

Tumis Labu Siam

Resep Masakan Praktis

Bahan:
1 buah labu siam
2 sdm minyak goreng
½ sdt gula pasir
¼ sdt garam
2 cm lengkuas
1 lbr daun salam

Bumbu:
1 buah tomat kecil
2 siung bawang putih
3 buah bawang merah
2 buah cabe

Cara Membuat:
Bersihkan getah labu dengan membelah jadi 2 lalu gesek-gesekkan hingga getahnya keluar.
Kupas labu lalu parut hingga membentuk memanjang.
Tumis bumbu yang diiris hingga harum lalu masukkan labu dan masak hingga matang.
Masukkan sedikit air dan campur gula juga garam.
Sesuaikan rasa dan masak hingga meresap.
Angkat dan sajikan.

Resep Capcay Bakso

Resep Masakan Praktis

Bahan:
50 gr daging ayam (potong dadu)
200 gr sawi putih
5 buah bakso
1 ikat sawi
150 gr kembang kol
1 buah wortel
1 sdt kecap ikan
2 siung bawang putih (cincang)
1 sdm saus tiram
½ sdt garam
¼ sdt lada
½ sdm tepung maizena cairkan

Cara Membuat:
Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan ayam dan bakso.
Tambahkan kecap ikan, saus tiram, lada dan garam lalu tambah sedikit air.
Masukkan wortel, sawi hijau, sawi putih dan kembang kol yang sudah di potong lalu aduk rata.
Tambahkan larutan maizena dan aduk hingga mengental.
Sajikan

Resep Tumis Jamur Tiram

Resep Masakan Praktis

Bahan:
2 sdm minyak zaitun
5 ons jamur tiram
4 siung bawang putih iris
4 buah daun bawang
Garam & lada

Cara Membuat:
Tumis jamur, bawang putih dan masak hingga harum.
Tambahkan garam dan lada lalu aduk hingga jamur mengeluarkan cairan.
Setelah matang, masukkan potongan daun bawang dan sajikan.

Resep Tumis Kangkung

Resep Masakan Praktis

Bahan;
1 ikat kangkung
1 cabe merah besar
Cabe rawit selera
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 sdm saus tiram
1/3 ruas jari lengkuas
Garam
Gula
Terasi
Tomat
Minyak goreng

Cara Membuat:
Bersihkan kangkung dan petik daunnya.
Iris bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai.
Panaskan minyak diatas penggorengan, tumis bawang merah dan putih hingga harum.
Masukkan cabai, terasi dan lengkuas, lalu tambah saus tiram dan tumis.
Masukkan kangkung dan aduk rata.
Tambahkan garam dan gula lalu tomat.
Sajikan.

Resep Fuyunghai

Resep Masakan Praktis

Bahan:
2 butir telur
1 daun bawang
1 sdm tepung terigu
Garam
Minyak

Bahan saus:
1 siung bawang putih, keprek
3 buah cabai merah, iris tipis
6 sdm saus sambal
5 sdm saus tomat botol
sdt tepung maizena yang dilarutkan dengan air
Wortel dan ketimun secukupnya
Air secukupnya
sdt gula
1 sdt garam

Cara membuatnya:
Campurkan kol, wortel, tauge, tepung terigu, garam, dan telur. Kocok hingga adonan rata, sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabai merah, saus sambal, saus tomat, air, garam, dan gula. Aduk hingga rata.
Tambahkan larutan maizena untuk mengentalkan sausnya. Aduk sebentar dan sisihkan.
Goreng adonan fuyunghai hingga matang. Angkat dan tiriskan.
Sajikan dan siram dengan sausnya.

Resep Sop Daging

Resep Masakan Praktis

Bahan:
500 gram daging sapi
2 liter air
5 lbr daun jeruk
5 lbr daun salam
1 sdt ketumbar, haluskan
2 lbr daun bawang
1 batang serai, geprek
1 cm kunyit, haluskan
Kaldu bubuk sapi dan garam secukupnya
Minyak goreng

Bumbu halus:
6 buah bawang merah
4 siung bawang putih

Cara membuat:
Bumbu: Tumis bumbu halus dan rempah. Masukkan air, dan daging.
Tambahkan kaldu sapi bubuk dan garam. Saring air kaldu dan rempah untuk kuah soto. Untuk dagingnya, iris tipis lalu di goreng.
Di mangkuk, tambahkan pelengkapnya. Kol, tomat, bihun, daunbawang, emping, jeruk nipis. Lalu siram dengan air kuah soto panas.
Sajikan sama nasi panas dan perkedel kentang.

5 Resep Nasi Goreng yang Cocok untuk Sarapan Keluarga

Resep nasi goreng mungkin terdengar biasa saja ya, namun kalau kamu bisa lebih kreatif mengolah menu masakan ini, maka nasi goreng bisa menjadi makin nikmat. Dengan resep nasi goreng berikut, maka kebosananmu dengan nasi goreng yang itu-itu saja bisa hilang nih! Selain itu, kamu juga gak perlu lagi pakai bumbu instant nasi goreng karena semua bisa dibuat dari awal dengan mudah. Berikut resep nasi goreng pilihan kita:

Resep Nasi Goreng

1. Resep Nasi Goreng Ayam

Resep Nasi Goreng

Bahan:
Nasi
Dada ayam
1 sdm minyak wijen
1 sdm minyak zaitun
1 1/3 cup kacang polong & wortel (mix vegetable)
3 daun bawang
2 siung bawang putih (cincang)
2 butir telur
3 sdm kecap asin
Garam & merica

Cara Membuat:
Di penggorengan, panaskan minyak wijen sedikit dan minyak zaitun.
Masukkan potongan ayam, lalu bumbui dengan garam dan merica. Masak hingga matang, lalu angkat.
Tambah minyak, lalu masukkan mix vegetable dengan daun bawang, bawang putih cincang lalu tumis sesaat.
Masukkan telur lalu aduk hingga menjadi orak arik.
Masukkan ayam dan nasi, lalu kecap asin dan bumbui. Aduk rata.
Sajikan

2. Resep Nasi Goreng Nanas

Resep Nasi Goreng

Bahan:
Nasi
Potongan dada ayam
1 sdm minyak goreng
½ cup daun bawang
½ cup wortel
½ cup paprika
½ cup frozen peas
½ cup nanas
Daging asap
3 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
Garam & merica

Cara Membuat:
Di penggorengan, panaskan minyak, lalu masukkan ayam dan tumis hingga kecokelatan. Bumbui dengan garam juga merica. Angkat.
Panaskan minyak kembali, lalu tambahkan bawang Bombay dan wortel, masak hingga matang lalu masukkan paprika, nanas, smoked beef.
Masukkan nasi, ayam dan frozen vegetable.
Tambahkan kecap asin dan minyak wijen, aduk rata.
Bumbui dengan garam dan merica.
Sajikan.

3. Resep Nasi Goreng Udang

Resep Nasi Goreng

Bahan:
2 sdm minyak wijen
2 sdm minyak zaitun
Udang
Mix vegetable
1 cup jagung manis
3 siung bawang putih cincang
½ sdt jahe parut
3 butir telur
2 batang daun bawang
3-4 sdm kecap asin
Garam dan merica

Cara membuat:
Di penggorengan, panaskan minyak, masukkan udang dan masak sebentar.
Tambahkan mix vegetable dan masak hingga 2 menit.
Tambahkan bawang putih, jahe dan masak aduk kembali.
Sisihkan di salah satu sisi mix vegetable-nya lalu orak arik telur.
Masukkan udang dan nasi lalu daun bawang aduk kembali.
Bumbui dengan kecap asin, garam dan lada.
Aduk hingga rata, sajikan.

4. Resep Nasi Goreng Singapura

Resep Nasi Goreng

Bahan:
3 sdm minyak
100 gr udang
2 daun bawang
1 siung bawang putih
1 cabai merah besar
1 butir telur
Nasi putih
¼ sdt bubuk cabai
¼ sdt bubuk kunyit
¼ sdt garam masala
1 cengkeh
½ kembang lawing
1 sdm kecap asin
1 sdm miyak wijen

Cara Membuat:
Panaskan minyak di penggorengan, masukkan udang, daun bawang, bawang putih dan cabai yang sudah dipotong-potong.
Kocok telur, lalu buatah menjadi omelet dan gulung.
Masukkan campuran tumisan udang tadi dan nasi lalu aduk rata. Tambahkan mix vegetable.
Masukkan cenkeh dan kembang lawing bersama, bubuk cabai, kunyit bubuk, dan garam masala.
Aduk rata dan tambah kecap asin juga minyak wijen.
Sajikan.

5. Resep Nasi Goreng Kimchi

Resep Nasi Goreng

Bahan:
2 sdm minyak goreng
1 butir telur
1 siung bawang putih (cincang)
¼ bawang Bombay (cincang)
½ cup kimchi (potong) + air kimchinya
Nasi putih
1 sdm kecap asin
¼ sdt minyak wijen
Garam & lada
1 daun bawang

Cara Membuat:
Panaskan wajan dengan minyak, lalu buat telor ceplok, angkat sisihkan.
Panaskan kembali minyak, lalu tumis bawang putih dan Bombay hingga harum.
Tambahkan kimchi dan aduk sebentar.
Masukkan nasi dan tambahkan kecap asin, minyak wijen, lada dan daun bawang.
Aduk rata dan sajikan dengan telor ceplok diatasnya.

Cheers,

sukalaper

Cara Memasak Kepiting: Tips & Resep Kepiting Asam Manis

Membuat kepiting dirumah ternyata bisa seenak buatan di restoran lho! Dengan membuat kepiting sendiri dirumah, maka kamu tak perlu lagi beli diluar. Selain lebih hemat, rasanya pun tak kalah lezat.

Cara Memasak Kepiting yang Benar

Daging kepiting memiliki rasa manis, nah gimana ya cara memasak kepiting agar rasanya tetap manis dan gurih? Berikut tipsnya untuk kamu!

  • Bersihkan kepiting

Cara Memasak Kepiting

Sebelum dimasak, pastikan kepiting sudah bersih. Cara membersihkan kepiting adalah dengan menyikat seluruh bagian tubuh kepiting agar semua bersih merata.

  • Rendam Kepiting

Cara Memasak Kepiting

Pastikan kepiting sudah mati dengan cara merendamnya di air hangat. Jangan lupa buang beberapa bagian yang tak diperlukan seperti mata.

  • Rebus Kepiting

Cara Memasak Kepiting

Masukkan kepiting ke dalam air mendidih dan rebus selama 30 menit, lalu angkat dan potong menjadi beberapa bagian.

  • Tambah Lada & Garam

Cara Memasak Kepiting

Sebelum diolah menjadi sajian kepiting, sebaiknya tambah lada dan garam agar lebih gurih. Jangan lupa beri perasan jeruk lemon dan mentega agar lebih kaya rasa. Oles ke seluruh bagian kepiting.

2 Cara Membuat Kepiting Enak

Resep Kepiting Asam Manis

Cara Memasak Kepiting

Bahan:
1 ekor kepiting besar yang sudah di rebus
1 butir telur
1 siung bawang putih
1 siung bawang Bombay (cincang kasar)
5 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal
2 buah cabe keriting
Garam & merica
1 ruas jahe
Gula pasir
Minyak goreng
Air secukupnya

Cara Membuat Kepiting Asam Manis:

Panaskan Minyak, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan.
Tambah bawang Bombay dan tumis hingga harum.
Masukkan saus sambal, saus tomat dan air.
Tambahkan merica, gula dan garam.
Terakhir masukkan kocokan telur dan aduk rata.
Masukkan kepiting dan masakan sekitar 5 menit, aduk lalu angkat.

Resep Kepiting Saus Padang

Cara Memasak Kepiting

Bahan:
4 ekor kepiting
1 bawang Bombay
4 siung bawang putih
2 cm jahe
5 buah cabe
2 batang daun bawang
1 lbr jeruk purut
2 lbr daun salam
Garam & gula
1 butir telur
2 sdm saus tiram
3 sdm saus sambal
2 sdm saus tomat
Minyak goreng

Cara Membuat Kepiting Saos Padang:
Goreng kepiting yang sudah di rebus, angkat.
Tumis bumbu, lalu masukkan daun jeruk, daun salam dan aduk hingga harum.
Masukkan air dan masak hingga mendidih.
Masukkan telur ayam dan aduk rata.
Tambahkan saus sambal, saus tomat dan saus tiram. Aduk rata.
Masukkan daun bawang yang sudah di potong dan kepiting lalu aduk rata. Tunggu hingga bumbu meresap lalu angkat.

Cheers,

sukalaper

Resep Shabu Shabu + Resep Bonus Kuah TomYum & Saus Pencelupnya

Kalau kamu penggemar makanan Jepang, kenapa gak buat sendiri makanan kesukaanmu dirumah. Salah satu yang menyenangkan untuk dibuat dirumah adalah shabu shabu. Shabu shabu adalah makanan khas Jepang yang serunya dinikmati banyak orang. Banyaknya bahan yang digunakan dan masak langsung di atas meja menjadi sensasi tersendiri menikmati shabu shabu.

Resep Shabu Shabu

 

Nah, kamu bisa buat sendiri shabu shabu dengan resep berikut ini:

Bahan:
2 liter kaldu ayam
9 ekor udang bago (sesuai selera)
8 slice daging shabu shabu / sukiyaki
10 potong tofu
100 gr mie udon
3 tangkai bokcoy
Sawi putih (selera)
½ batang wortel
1 batang daun bawang

Bahan Saus Pencelup:


3 sdm kecap asin jepang
Air perasan jeruk limo
Wijen tumbuk
Irisan bawang Bombay

Cara Membuat:
Cuci semua bahan sayuran, lalu potong semuanya besar-besar.
Untuk wortel, potong berbentuk korek api dan memanjang untuk daun bawang.
Bersihkan udang hingga ke bagian punggungnya.
Potong tofu bulat-bulat.
Rebus mie udon lalu tiriskan.
Tata semua sayuran di wadah, lalu letakkan tofu, sukiyaki dan udang dalam 1 wadah.

Cara Membuat Saus:
Campur semua bahan dan cicipi apakah rasanya sudah seimbang atau belum.
Rebus kaldu hingga mendidih. Lalu masukkan sayuran yang diikuti dengan udang, daging shabu shabu dan tofu.
Nikmati bersama saus pencelup yang telah di letakkan di mangkuk saji.

Resep Kuah Tom Yum

 

Bahan:
1 liter air (bisa disesuaikan)
1 ruas jahe
1 ruas laos
2 batang serai
3 siung bawang putih (geprek)
10 lbr daun jeruk purut
5 buah cabe merah (haluskan)
2-3 buah jeruk nipis
Garam & gula
Daun ketumbar

Cara Membuat:
Didihkan air, lalu masukkan semua bahan kuah dan didihkan selama sekitar 5 menit atau sampah mendidih dan keluar aroma harum.
Saring kuah lalu pindahkan ke panci shabu shabu.
Panaskan kembali sembari memasukkan sayuran dan bahan shabu shabu favoritmu.
Nikmati.

Selain kuah kaldu dan kuah tomyum yang cocok untuk shabu shabu, kamu juga bisa membuat aneka saus pencelupnya. Cek resepnya dibawah ini!

Saus Asam Pedas

Bahan:
3 buah cabe merah
2 buah cabe rawit merah
1 siung bawang putih
3 sdm air jeruk nipis
1 sdt gula pasir
1 sdt akar ketumbar
1 sdt serai iris halus
1 sdm saus ikan
100 ml air masak

Cara Membuat:
Haluskan cabe dan bawang
Campur semua bahan dan aduk rata
Sajikan

Resep Saus Wijen

Bahan:
6 sdm biji wijen
3 sdm mirin
1 sdt cuka
1 sdt gula
2 ½ sdm shoyu
1 siung bawang putih, parut
150 ml air masak

Cara Membuat:
Haluskan biji wijen, lalu aduk bersama bahan lainnya
Sajikan
Mudah bukan membuat shabu shabu sendiri dirumah? Kamu bisa menikmatinya dengan bahan-bahan berkualitas sehingga lebih sehat dan lezat.

Yuk coba resepnya!

Cheers,

sukalaper

Resep Masakan Jepang: Gyoza yang Praktis Dibuat Dirumah + Bisa untuk Bekal

Gak harus beli gyoza di restoran Jepang, sekarang kamu bisa bikin gyoza sendiri lho dirumah. SukaLaper akan berbagai resep kulit, isian hingga saus gyoza yang lezat!

Yuk coba!

Resep Masakan Jepang Gyoza

Resep Kulit Gyoza

Bahan:
250 gr tepung terigu
Garam secukupnya
125 ml air

Cara Membuat kulit gyoza:

  • Masukkan garam kedalam air panas, lalu tambahkan tepung terigu. Campuh hingga kalis.
  • Setelah itu, diamkan selama 30 menit.
  • Setelah diistirahatkan, adoni adonan hingga lembut dan siap dibentuk.

Cara Membentuk Kulit Gyoza:

  • Ambil adonan, lalu bentuk silinder.
  • Potong-potong adonan silinder menjadi beberapa bagian lalu pipihkan.
  • Agar adonan yang sudah dibentuk tidak menempel satu sama lain, taburkan tepung maizena diantaranya.

Resep Gyoza Ayam

Bahan:
2 sdm daun bawang (cincang)
100 gr daging ayam (cincang)
1 siung bawang putih (haluskan)
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
Garam secukupnya

Cara Membuat Gyoza:

  • Campur daging ayam dan daun bawang cincang, bawang putih, garam dan saus tiram. Aduk rata.
  • Ambil 1 sendok teh campuran daging ayam dan masukkan ke kulit gyoza
  • Oleskan air ke bagian kulit, lalu lipat. Lakukan hingga kulit gyoza habis.
  • Tata gyoza dalam penggorengan. Lalu masak sebentar dan tambahkan air sedikit dan tutup. Lalu masak dengan cara di steam.
  • Masak hingga kecokelatan dan angkat lalu sajikan.

Resep Saus Gyoza

Bahan:
Kecap asin
Cuka
Chili oil

Cara Membuat:
Campur semua bahan jadi satu dan aduk rata.

Gimana? Mudah bukan membuat gyoza? Kamu bisa prakatekkan sendiri nih dirumah. Kamu juga bisa bikin dalam porsi banyak, lalu simpan di freezer. So, kamu punpunya frozen food homemade sendiri tanpa harus beli diluar.

Dengan membuat gyoza sendiri dirumah, maka kamu bisa dapatkan cemilan yang berkualitas, enak dan tentunya tanpa bahan pengawet.

Oiya, kalau kamu gak mau ribet bikin kulit gyoza sendiri, kamu juga bisa beli kulit dumpling yang sudah ada di toko atau pasar. Ini bisa menjadi cara praktis membuat gyoza lebih cepat. Untuk hasil juga tak jauh berbeda kok! Selamat mencoba ya!

Cheers,

sukalaper