Category Archives: Cemilan

Resep Masakan Praktis untuk Anak Kost-an yang Gak Ribet!

Resep masakan praktis sangat cocok untuk anak kos. Kalau kamu si anak kos, pasti makan 3x sehari menjadi hal yang rutin kamu pikirkan menu apa lagi setiap harinya. Nah, di tanggal tua lah justru sering membuat banyak anak kos mau tak mau menikmati semangkuk mie instant. Makan mie instant sering-sering gak bagus lho buat kesehatan. Untuk menyiasatinya, maka kamu bisa buat makanan enak, praktis dan tetap murah juga sehat dari resep masakan praktis ini.

Resep Masakan Praktis

1. Omelete

Resep Masakan Praktis

Bahan:
3 butir telur
Daun bawang
Tomat
Sosis (optional)
Air
Garam
Merica

Resep Masakan Praktis Resep Masakan Praktis Resep Masakan Praktis

Cara Membuat:
Siapkan mangkuk, lalu pecahkan telur di mangkuk dan tambahkan sedikit air.
Masukkan garam dan merica, kocok lepas.
Panaskan penggorengan yang sudah diletakkan mentega.
Tuang campuran telur, lalu tunggu agak “set” sedikit dan orak arik pelan-pelan perlahan (jangan sampai bentuk pinggiran bulat berantakan). Jangan lupa untuk gunakan api kecil-sedang.
Masukkan potongan daun bawang, tomat dan sosis ke tengah telur.
Lipat telur dan masak hingga matang sesuai seleramu.
Sajikan.

2. Tempe Teriyaki

Resep Masakan Praktis

Bahan:
1 pcs tempe
Minyak goreng
Saus teriyaki siap saji

Cara Membuat:
Potong tempe berbentuk segitiga atau kotak-kotak
Goreng tempe hingga matang dan crispy di bagian luar. Angkat dan sisihkan.
Lalu tuang saus teriyaki ke temped an masak kembali jingga meresap. Masak hingga saus terkaramelisasi dan cicipi apakah rasanya sudah cukup lezar.
Angkat dan taburkan daun bawang. Sajikan.

3. Scramble Tofu

Resep Masakan Praktis

Bahan:
Tahu
½ sdt bubuk bawang putih
Garam secukupnya
¼ sdt bubuk kunyit
Mentega
Merica
Air / Air kaldu

Cara Membuat:
Pastikan tahu dicuci bersih dan keringkan.
Panaskan penggorengan dengan panas sedang lalu masukkan mentega.
Masukkan tahu yang sudah dihaluskan, lalu aduk-aduk.
Tambahkan sedikit air kaldu, lalu masakukkan garam merica dan bumbu lainnya. Masak hingga meresap dan matang. Sajikan.

4. Roti Bakar Keju

Resep Masakan Praktis

Bahan:
Roti tawar
Keju cheddar melted
Mentega

Cara Membuat:
Pipihkan roti, lalu letakkan keju dan gulung.
Panaskan mentega di wajan, lalu masukkan gulungan roti. Grill hingga kecokelatan. Angkat.

Cara Membuat Martabak Telur Paling Mudah di Tiru

Cara membuat martabak telur kini banyak dicari karena ternyata mudah juga dibuat dirumah. Kamu bisa membuat martabak telur dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Dengan resep martabak telur ini, maka kamu tak perlu lagi beli martabak diluar karena bisa berkreasi dengan topping sesuka hatimu. Nah, daripada penasaran, yuk coba cara membuat martabak telur yang mudah ini:

Cara Membuat Martabak Telur

Cara Membuat Martabak Telur

Bahan Kulit Martabak Telur:
200 gr tepung terigu
160 ml air
30 gr minyak sayur
½ sdt garam
Minyak sayur untuk merendam

Bahan Isi Martabak:
250 gr daging cincang
2 siung bawang putih (cincang)
4 siung bawang merah (iris halus)
1 batang daun bawang (iris halus)
1 buah bawang Bombay (iris halus)
½ sdt lada bubuk
Telur ayam

Bahan Saus Martabak:
2 sdm air matang
2 sdm kecap asin
1 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal
1 sdt air asam jawa
Gula & garam secukupnya

Cara Membuat Kulitnya:
Campur semua bahan hingga rata dan kalis
Bentuk bulat dan oles minyak di permukaannya lalu diamkan 10 menit.
Istirahatkan sekurangnya 1 jam dengan kondisi permukaan berminyak.

Cara Membuat Isian Martabak:
Sangrai Bawang merah, bawang putih dan bawang Bombay hingga harum.
Lalu masukkan daging cincang dan tumis hingga matang.
Masukkan bumbu dan aduk hingga rata, angkat.

Cara Membuat Martabak Telor:

  • Ambil 1 adonan kulit lalu tipiskan.
  • Ambil sekitar 3 sendok adonan dan campur bersama sebutir ayam dan kocok rata.
  • Letakkan isian di kulit martabak yang sudah di tipiskan, lalu lipat dan tutup.
  • Goreng hingga matang lalu sajikan bersama saus.

Gimana? Mudah kan cara membuat martabak telur ini? Kamu bisa buat dengan aneka topping kesukaanmu. Selain itu, kamu juga bisa masukkan topping sebanyak-banyaknya tanpa takut mendapatkan martabak yang mahal.

Cara membuat martabak telur ini bisa jadi referensi bisnis juga nih dirumah. Kamu bisa belajar dan berjualan martabak mini dengan ide resep ini.
Yuk coba dirumah!

Cemilan Untuk Diet yang Bikin Kamu Tak Merasa Bersalah di Malam Hari

Cemilan untuk diet seperti apa ya yang mengenyangkan namun juga menyehatkan? Diet tak hanya sekedar makan makanan sehat di menu utama, tapi juga cemilannya. Snack untuk diet itu penting lho! Karena dengan cemilan, kamu bisa kontrol makan besarmu. Namun, cemilan untuk diet seperti apa ya yang cocok untuk menurunkan berat badan?

Cemilan Untuk Diet

1. Agar-Agar

Agar-agar hanya memiliki 10 kalori saja lho! Jika kamu ingin menambahkan buah, gula hingga susu, kalorinya pun hanya 70-80 kalori saja lho! Kamu bisa coba resep agar agar sehat ini nih:

Resep Agar-Agar Berries

Cemilan Untuk Diet

Bahan:
1 cup blueberry
1 cup blackberry
1/3 cup air
1 sdm agar agar

Cara Membuat:
Campur semua buah dan haluskan di blender.
Saring buah yang sudah di blender dan sisakan air atau jusnya,
Tambahkan jus berry dengan bubuk agar-agar.
Masak hingga cukup mendidih.
Angkat, lalu cetak di cetakan agar-agar individual.
Kamu bisa menikmatinya sebagai camilan untuk diet kapanpun kamu lapar.

2. Biji-Bijian

Biji-bijian juga bisa jadi cemilan untuk diet kamu nih! Walaupun bentuk dan ukurannya kecil, kacang-kacangan bisa menahan nafsu makan kamu juga. Ada banyak pilihan biji-bijian seperti biji jagung popcorn hingga chia seed yang sedang tren belakang ini.

Resep Puding Chia Seeds

Cemilan Untuk Diet

Bahan:
6 sdm chia seeds
2 cup santan / susu almond
½ sdt vanilla extract
1 sdm sirup maple, madu, gula diet
Blueberry dan strawberry untuk topping

Cara Membuat:
Di mangkuk, campur chia seed, susu, vanilla dan maple srup. Lalu aduk dan sesuaikan rasa.
Diamkan sekitar 5 menit dan aduk kembali, lalu diamkan di kulkas 1-2 jam.
Sajikan

3. Kacang Kacangan

Resep Biskuit Kacang (Keto Diet)

Cemilan Untuk Diet

Bahan:
2 sdm mentega asli (real butter – tanpa bahan pengawet, dll)
¾ cup selai kacang / Nut butter (natural)
1 cup kelapa parut
4 tetes vanilla

Cara Membuat:
Lelehkan mentega lalu aduk bersama selai kacang.
Tambahkan pemanis alami dan kelapa, campur rata.
Sendokkan di Loyang yang sudah dilapisi baking sheet seperti biskuit.
Letakkan di kulkas 5-10 menit
Nikmati

4. Daging Kalkun

Mungkin hanya di beberapa supermarket yang menjual daging ayam kalkun ini. Daging kalkun sangat rendah kalori dan mengandung banyak protein sehingga baik untuk otot. Kamu bisa olah kalkun layaknya daging ayam biasa.

Resep Kalkun Lettuce

California Turkey and Bacon Lettuce Wraps with Basil-Mayo are fresh, filling, and come together in minutes! #glutenfree | iowagirleats.com

Bahan:
1 iceberg lettuce
Daging kalkun
1 buah alpukat
1 buah tomat
Bahan Saus Basil Mayo:
½ cup mayonnaise
6 daun kemangi
1 sdt air lemon
1 siung bawnag putih
Garam & lada

Cara Membuat:
Cara Membuat Sausnya: Campur semua bahan di food processor / blender / hand blender hingga halus. Jika tidak ada, kamu bisa cukup cincang kecil-kecil bahan lalu aduk rata.
Cara Membuat Wrap: Siapkan 1 lembar iceberg lettuce, tambahkan saus basil mayo, daging kalkun, tomat dan alpukat lalu bumbui dengan garam & merica. Lipat rapi dan siap di nikmati.

5. Dark Chocolate

Hasil gambar untuk dark chocolate

Kalau kamu suka manis, maka kamu bisa coba dark chocolate sebagai cemilan untuk diet kamu. Pilihlah jenis ini karena lebih sehat dan rendah gula. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang makan coklat hitam saat terkena sinar UV, maka kulitnya akan memerah. Hal ini menunjukkan bahwa coklat hitam dapat melindungi kulit dari sinar matahari berlebih. Selain itu, kandungan plavonoid dapat mengatur gula darah.

Cheers,

sukalaper

5 Menu Sarapan Pagi Berbahan Telur yang Gak Cuma Omelete

Menu sarapan pagi apa kesukaanmu? Nasi uduk? Bubur ayam? Nasi goreng? Atau justru malah gorengan bisa jadi sarapan kamu setiap hari? Sejatinya sarapan pagi harus membuatmu bertenaga dan semangat, jadi kalau sarapanmu membuat ngantuk, pasti ada yang salah.

Nah, daripada kamu jajan terus setiap hari, kamu bisa membuat menu sarapan pagi sendiri dirumah. Resep sarapan pagi ini juga bisa jadi bekalmu ke kantor atau sekolah. Membuat sarapan sendiri dirumah bisa cepat kok, salah satunya menggunakan bahan yang praktis, yaitu telur.

Menu Sarapan Pagi Berbahan Telur

Telur sering menjadi bahan utama untuk sarapan karena kaya protein dan mudah diolah. Nah, kira-kira apa saja ya kreasi menu sarapan pagi dari telur?

1. Egg Pocket

Easy, portable breakfast pockets stuffed with ham, gooey melted cheese, and a perfectly-done baked egg. The best part is, there's absolutely zero clean-up.

Bahan:
1 lembar tortilla
2 lembar daging asap
Keju chedar parut
1 butir telur
Garam & merica

Cara Membuat:
Panaskan oven di suhu 175C dan masukkan Loyang yang sudah dilapisi alumunium foil dan minyak zaitun / margarin.
Letakkan tortilla di Loyang
Tambahkan daging asap di atas tortilla.
Tambahkan keju cheddar diatasnya dengan membuat “kubangan” di tengah untuk meletakkan telur.
Tambahkan garam dan merica.
Lipat tortilla agar seperti pocket (kantung) lalu panggang selama 25 menit atau hingga telur matang.
Sajikan.

2. Egg Muffin

Healthy Breakfast Egg Muffins Recipe

Bahan:
12 butir telur
Tomat ceri
¼ cup susu non fat
½ cup bawang Bombay
Keju parut
1 ikat bayam
Alpukat

Healthy Breakfast Egg Muffins Recipe

Cara Membuat:
Panaskan oven, lalu siapkan Loyang muffin yang sudah diolesi mentega.
Di mangkuk, kocok telur bersama susu dan tambahkan merica juga garam.
Tambahkan bayam, tomat dan bawang Bombay.
Tuang telur di Loyang muffin dan panggang selama 20 menit.
Biarkan dingin, lalu sajikan bersama saus salsa, alpukat dan parutan keju.

3. Sandwich Bayam Telur

Spinach Egg Breakfast Sandwich is a healthy way to fill you up in the morning. Find the recipe on Shutterbean.com:

Bahan:
1 lembar roti tawar
1 sdt minyak zaitun
½ ikat bayam
¼ sdt chili flakes
1 sdm pesto
½ alpukat (iris tipis)
2 butir telur
Keju parut
Garam & merica

Cara Membuat:
Panggang di wajan anti lengket roti tawar, sisihkan.
Tambahkan minyak zaitun di penggorengan, lalu tumis sebentar bayam yang sudah di potong, lalu tambahkan chili flake dan masak hingga matang. Angkat
Panaskan kembali penggorengan, lalu masak telur yang sudah di kocok lepas dan masak hingga cukup matang.
Tambahkan keju parut diatasnya dan bumbui dengan garam juga merica.
Lalu lipat telur dan angkat.
Oleskan pesto di roti tawar dan tambahkan alpukat di lembar roti lainnya. Tambahkan bayam lalu telur dan tutup roti tawar.
Sajikan.

4. Potato Hash Egg

bakedeggs

Bahan:
1 buah kentang
Keju cheddar
Bubuk bawang putih
8 butir telur
Garam & lada

Cara Membuat:
Panaskan oven lalu siapkan Loyang muffin yang sudah dioleskan mentega.
Kupas kulit kentang lalu bersihkan dan parut besar-besar namun tipis.
Campur parutan kentang, keju cheddar dan bubuk bawang putih lalu aduk rata.
Masukkan campuran kentang ke cetakkan muffin.
Pecahkan telur dan taruh diatas kentang. Bumbui dengan garam & lada.
Oven selama 13-15 menit.
Sajikan.

5. Roti Bakar Telur Keju

#10. Cheesy Baked Egg Toast-- What??! These look amazing. -- 30 Super Fun Breakfast Ideas Worth Waking Up For

Bahan:
Telur
Roti tawar
Mentega
Garam & merica
Keju parut

Cara Membuat:
Buat cekungan di roti tawar dengan ujung sendok, tekan-tekan.
Bumbui roti dengan garam dan lada.
Masukkan telur ke dalam cekungan roti lalu bumbui kembali.
Oles mentega di pinggiran rotinya.
Tabur dengan keju parut di sekeliling roti.
Bakar roti di pan anti lengket atau oven hingga telur setengah matang.
Sajikan.

Cheers,

sukalaper

Resep Ayam Shihlin yang Ternyata Gampang Banget!

Kepoopuleran Taiwan gak Cuma boybandnya lho! Tapi juga makannya ini. Taiwanese fried chicken adalah salah satu street food khas Taiwan yang lebih banyak orang mengenalnya dengan ayam shihlin. Sebenarnya, shilin sih sebutan merek yang menjual snack ini. Saking populernya, banyak orang yang pengen bikin ayam shihlin sendiri dirumah.

Penasaran seperti apa cara membuat ayam shihlin? Cek resepnya dibawah ini:

Resep Ayam Goreng Taiwan (Shihlin)

Shihlin

Bahan:
· 4 dada ayam, dipukul hingga lebar
· 80 ml kecap asin
· 2 sdm cuka beras
· 1 sdt bubuk cabe
· 1 sdm gula
· ½ sdt bubuk ngo hiong / five spice
· minyak goreng
· 1 cangkir tepung terigu
· 2 telur (kocok lepas)
· 1 cangkir tepung tapioka / tepun sagu

Bahan Bumbu
· 1 sdt gula
· 2 sdt bubuk ngo hiong
· 1 sdt bubuk cabe
· atau bumbu bubuk favourite kamu (keju or BBQ)

Cara Membuat:

  • Siapkan mangkuk besar, campurkan kecap asin, cuka beras, bubuk cabe, gula, ngo hiong dan merica, lalu aduk rata
  • Pukul-pukul dada ayam, hingga lebar dan pipihkan hingga lebar dan besar
  • Marinasi ayam 15 menit di campuran sauce, jgn terlalu lama nanti ayam bisa matang karena asam cuka.
  • Panaskan minyak
  • Keluarkan ayam dari bumbu marinasi, tiriskan.
  • Balur ayam ke tepung terigu, telur dan tepung tapioka
  • Lalu goreng hingga matang sempurna dan renyah, tiriskan
  • Lalu, bumbui dgn bumbu powder
  • Sajikan

Ayam shihlin ini memiliki tekstur kulit renyah diluar dan juicy daging ayamnya. Serunya membuat ayam goreng khas Taiwan ini juga bisa jadi lauk lho!

Yuk coba resep diatas dan jangan ragu untuk berbagi resep ini untuk teman-teman kamu. Mereka pasti suka!

Cheers,

sukalaper

Cek Resep Cireng Salju & Bumbu Rujak Pedas Manis Termudah

Cireng atau kepanjangan dari aci di goreng ini memang salah satu jajanan yang kini makin banyak disukai orang. Terlebih lagi cireng dinikmati dengan bumbu rujak yang manis pedas.

Walaupun hanya dibuat dari tepung aci / sagu dengan air, cireng cocok untuk cemilan dimanapun. Sepertinya semua cemilan berbahan aci sangat laku dipasaran ya, seperti cilok, cimol, dan ini nih, cireng! Tapi sekarang ada resep cireng ala abang-abang yang crispy dibagian luar nih!

Cireng

Rasa gurih cireng sendiri didapat dari garam, bawang putih dan daun bawang. Jika kamu tidak menambahkan bahan tersebut, maka akan kurang rasa.

Kreasi cireng ini bisa kamu buat sendiri dirumah lho! Mudah bahkan hasilnya bisa lebih banyak daripada beli di toko. Cireng salju adalah cireng yang paling disukai orang karena rasanya yang kenyal dengan renyah dibagian luar. Ternyata ada trik membuat cireng salju renyah seperti itu lho! Nah, cara membuat cireng salju dengan bumbu rujak bisa kamu praktekkan dengan resep dibawah ini nih!

Resep Cireng Salju

Cireng

Bahan Biang Cireng:
50 gr tepung sagu
180 ml air
Bahan Cireng:
150 gr tepung sagu
3 siung bawang putih
2 batang daun bawang
1 sdt merica bubuk
Garam

Bahan Bumbu Rujak:
3 buah cabai rawit
6 buah cabai rawit
4 sdt air asam jawa
2 buah daun jeruk
1 sdt air jeruk nipis
3 sdm gula merah

Cara Membuat cireng salju bumbu rujak:
Masak biang cireng diatas panci panas hingga lengket dan transparan, lalu angkat.
Setelah adonan cireng hangat, campur bahan kering dan aduk rata.
Lalu, bentuk adonan bulat pipih dan balut dengan tapung sagu dan goreng hingga matang.

Cara Membuat Bumbu Rujak:
Haluskan cabai dan gula merah.
Tambahkan air asam jawa, jeruk nipis dan daun jeruk. Aduk rata.
Masak bumbu hingga matang dan angkat.

Mudah bukan? Kamu bisa buat sendiri cireng salju dan bumbu rujaknya yang pedas manis. Ikuti setiap langkahnya untuk hasil cireng yang kenyal dan crispy. Yuk dicoba biar gak penasaran!

4 Macam Makanan Piknik Yang Enak & Mudah

Makanan piknik apa ya yang enak dan anti mainstream? Nah, kalau kamu punya rencana piknik bersama keluarga atau orang tersayang, maka jangan lupa untuk bawa makanan piknik yang enak enak. Saat piknik, paling seru kalau makan siang makanan yang kita buat sendiri. Nah, berikut resep aneka makanan piknik yang enak dan mudah untuk dibuat.

Aneka Resep Makanan Piknik

Mini Corn Dogs

Makanan Piknik

Bahan:

  • 1 kotak sosis
  • 2 sdm gula
  • 1 butir telur
  • ½ cup tepung jagung
  • 2 sdt baking powder
  • ½ cup susu cair
  • ½ cup tepung terigu
  • 1/8 sdt garam

Alat yang diperlukan:
Tusuk sate
Saucepan / penggorengan

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Cara Membuat:

  • Potong sosis menjadi setengah bagian, lali tusukkan dengan tusuk sate.
  • Di wadah, campur tepung jagung, tepung terigu, gula, garam dan baking powder.
  • Di wadah lain, kocok telur dan susu, lalu masukkan bahan kering diatas tadi dan campur rata.
  • Panaskan minyak untuk deep fry.
  • Celup sosis ke adonan hingga tertutup rapa, lalu goreng deep fry sampai kecokelatan.
  • Sajikan. Nikmati bersama saus tomat dan saus sambal.

Resep Chicken Katsu Onigiri

Makanan Piknik

Bahan Chicken Katsu:
1 cup tepung roti jepang (panko)
1 sdm minyak
454 gr daging ayam
Garam
Lada
¼ cup tepung terigu
1 butir telur
1 sdm air
Saus tonkatsu

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Cara Membuat:

  • Panaskan tepung panko dan minyak hingga kecokelatan. Angkat dan biarkan pada suhu ruangan.
  • Potong dada ayam melebar lalu taburkan garam dan lada.
  • Di mangkuk, kocok telur dan air.
  • Balur ayam ke tepung lalu telur lalu panko. Tekan-tekan agar panko menempel.
  • Ayam pun siap digoreng.

Bahan Onigiri:
Chicken katsu
1-2 lbr kol
1 lbr nori besar
1 cup nasii
Garam
1 sdt mustard
1-2 sdm saus tonkatsu

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Cara Membuat:

  • Potong iris kol tipis.
  • Siapkan plastic wrap lalu letakkan nori diatasnya dengan posisi ujung dihadapanmu.
  • Ratakan nasi diatas nori, lalu taburkan garam.
  • Letakkan irisan daun kol, lalu chicken katsu yang sudah matang.
  • Oleskan sedikit mustard dan saus tonkatsu.
  • Balikkan chicken katsu dengan saus berada di posisi kol.
  • Lipat nori serapi mungkin dengan bentuk kotak. Lalu bungkus dengan plastic wrap yang tadi sebagai alas agar semakin kuat.
  • Biarkan beberapa menit, baru dipotong.
  • Sajikan.

Makanan Piknik

Gyoza Udang

Makanan Piknik

Bahan:
1 cup kol (iris halus)
¼ sdt garam
4 buah daun bawang (potong-potong)
250 gr udang (potong)
1 sdm ebi
½ sdt kecap asin
1 sdt minyak wijen
½ sdt gula
½ sdm tepung maizena
¼ sdt garam & lada
Kulit lumpia
1 sdm minyak sayur
¼ cup air

Makanan Piknik

Cara Membuat:

  • Tambahkan garam pada kol yang sudah di iris. Biarkan selama 15 menit.
  • Hilangkan air pada kol dengan memerasnya.
  • Lalu, tambahkan daun bawang, bawang putih, udang, kecap asin, minyak wijen, gula, tepung maizena, garam dan lada lalu campur rata.
  • Siapkan kulit lumpia, lalu isi dengan campuran udang tadi dan bungkus seperti gyoza (bentuk bulan sabit)
  • Di panas tinggi, tambahkan sedikit minyak, lalu masukkan dumpling gyoza. Goreng 1 menit, lalu tambah air dan tutup penggorengan.
  • Biarkan masak selama 6 menit atau sampai kulit berwarna kecokelatan dan isian matang.
  • Sajikan.

Makanan Piknik Makanan Piknik

Resep Dorayaki

Makanan Piknik

Bahan:
4 butir telur
140 gr gula pasir
2 sdm madu
160 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdm air
1 sdt minyak sayur (canola, olive oil, dll)
520 gr pasta kacang merah (bisa diganti sesuai selera seperti selai coklat)

Makanan Piknik

dorayaki-new-1

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Cara Membuat Dorayaki:

  • Di mangkuk, campur telur, gula, madu lalu kocok hingga cukup mengembang.
  • Masukkan tepung dan baking powder perlahan lalua duk rata.
    Istirahatkan di kulkas selama 15 menit.
  • Lalu, aduk bersama 1 sdm air atau sesuaikan kekentalannya.
  • Panaskan penggorengan anti lengket dan oles minyak atau mentega.
  • Tuang adonan dan masak satu per satu agar lebih rapi hasilnya.
  • Balik adonan jika sudah terlihat gelembung-gelembung.
  • Angkat dan oles pasta kacang merah atau selai yang kamu suka.

Frozen Choco Banana

Makanan Piknik

Bahan:
4 buah pisang
250 gr coklat (chips/blok)
1 sdm mentega (cairkan)
Kacang almond
Tusukan es krim

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Makanan Piknik

Cara Membuat:

  • Jika kamu punya kacang almond yang masih utuh, maka tumbuh agar halus. Lebih baik beli yang sudah irisan lalu di panaskan sebentar.
  • Potong pisang (belah 2), lalu kupas kulitnya dan tusuk ke tusukan es krim.
  • Lelehkan coklat dan sisihkan.
  • Celup pisang di coklat leleh lalu taburkan kacang almond.
  • Bekukan pisang di kulkas, lalu sajikan.

Makanan Piknik

Corn Dog Nugget

Makanan Piknik

Bahan:
5 sosis
Kulit pastry atau crescent rolls
Saus tomat & mustard

Makanan Piknik

Makanan Piknik Makanan Piknik Makanan Piknik

Cara membuat:

  • Panaskan oven di suhu 170C
  • Potong sosis, sisihkan.
  • Gulung sosis dengan kulit pastry atau adonan roti instant. Buat sosis seukuran nugget sehingga mudah dimakan.
  • Panggang di oven 8-9 menit atau hingga matang
  • Sajikan.

Mudah kan? Siapkan waktu khusus untuk mengolah makanan piknik kamu ini. Kamu bisa bawa sebagai snack saat jalan-jalan atau makan siang. Yuk buat sendiri dirumah!

Cheers,

sukalaper

Resep Siomay Ayam & Ikan Seenak Buatan Abang-Abang

Kudapan yang satu ini mungkin bisa dengan mudah kamu temukan di pinggir jalan, namun apakah resep siomay ini mudah untuk kamu buat sendiri dirumah? Nah, daripada penasaran, mending langsung praktekkin yuk resep siomay ayam dan ikan dibawah ini!

Resep Siomay Ayam

resep siomay

Bahan:
450 gr daging ayam
2 sdm bawang putih
125 gr tapung sagu
1 batang daun bawang
Minyak goreng
1 butir telur

Bahan Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1 sdm kaldu ayam
1 sdt garam
½ sdt lada
1 sdt gula pasir

resep siomay

Bahan Sambal Kacang:
250 gr kacang tanah goreng
3 butir kemiri
2 lbr daun jeruk
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
Air panas
2 buah cabe merah
10 buah cabe rawit
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
Penyedap rasa

Cara Membuat Somay:

  • Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum.
  • Campur semua bahan di wadah kecuali tepung dan telur.
  • Haluskan bahan yang dicampur hingga merata.
  • Lalu, campur tepung dan telur dengan bahan yang sudah dihaluskan tadi.
  • Uleni adonan hingga menjadi adonan siomay yang tepat.
  • Ambil adonan secukupnya lalu kukus hingga matang.

Cara Membuat Saus Somay:

  • Haluskan bahan saus sambal lalu diamkan sejenak.
  • Masak bahan saus sambal di atas api sedang hingga mendidih. Angkat
  • Angkat siomay yang sudah dikukus laluu sajikan dengan saus sambal.

Resep Siomay Ikan

resep siomay

Bahan:
250 gr daging ikan tenggiri (ikan berdaging putih)
50 gr daging ayam
3 siung bawang putih
2 sdt garam
1 sdt gula
½ sdt penyedap rasa
2 butir putih telur
150 gr labu siam
1 batang daun bawang
125 gr tepung sagu

Cara Membuat Somay:

  • Campur daging ikan tenggiri yang sudah di haluskan, daging ayam yang sudah dihaluskan, bawang putih, garam, gula, putih telur dan penyedap rasa. Uleni hingga tercampur rata.
  • Masukkan labu siam yang sudah dihaluskan dan daun bawang yang sudah di cincang.
  • Tambah tepung sagu lalu aduk rata.
  • Sendokkan adonan seukuran yang kamu inginkan, lalu oles dengan minyak.
  • Kukus somay hingga matang sekitar 20 menit.
  • Angkat dan sajikan bersama sambal kacang, kecap manis dan saus sambal.

Cheers,

sukalaper

5 Aneka Resep Kue Keranjang dengan Berbagai Olahannya Yang Paling Beda

Resep kue kali ini yang akan Sukalaper bagikan adalah resep aneka olahan kue keranjang. Mendengar nama kue keranjang pasti kamu akan teringat dengan perayaan imlek. Ya, kue keranjang sangat identik dengan hari raya Imlek. Hanya di hari raya Imlek lah, kamu akan lebih sering menemukan toko yang menjual kue ini. Nah, daripada dimakan begitu aja, mending coba berbagai resep kue keranjang berikut ini:

Olahan dari Resep Kue Keranjang

Hasil gambar untuk kue keranjang

1. Kue Keranjang Crispy

Teksturnya yang kenyal ternyata lezat jika diolah dengan cara dibalut dengan tepung terigu. Resep kue keranjang satu ini adalah yang paling sering dilakukan banyak orang nih!

Hasil gambar untuk kue keranjang goreng

Bahan:
150 gr tepung terigu
1 sdm tepung beras
1 sdm gula pasir
Garam
Air
250 gr kue keranjang
1 butir telur

Cara Membuat Kue Keranjang Goreng:
Potong kue keranjang, sisihkan.
Campur tepung terigu, tepung beras, garam dan gula pasir lalu aduk merata. Tuang air sambil diaduk menjadi adonan kental.
Celup kue keranjang ke adonan dan goreng dengan api kecil kecokelatan.
Angkat & sajikan.

2. Resep Kue Keranjang Santan

Hasil gambar untuk kue keranjang santan

Bahan:
1 buah kue keranjang (potong dadu)
3 sdm tepung ketan
1 sdm tepung beras
50 gr gula merah
1 sdm gula pasir
400 ml air
2 lbr daun pandan
Garam
400 ml santan

Cara Membuat:
Masak gula merah dengan air hingga larut, lalu saring.
Campur tepung beras dan tepung ketan, larutkan dengan sedikit air dan aduk hingga rata.
Masak kembali gula dan tambah garam dan daun pandan. Lalu masukkan campuran tepung sambil di saring agar tidak menggumpal. Masukkan sedikit demi sedikit lalu aduk rata.
Lalu, masak di api kecil dan sesekali di aduk agar tidak gosong.
Setelah rasanya pas, masukkan kue keranjang. Masak

Cara Membuat Saus Santannya:
Masak santan dan daun pandan lalu tambah garam. Masak hingga mendidih.
Sajikan bersama kue keranjang dan saus santan tadi.

3. Resep Kue Bola Keranjang

Bahan:
Kue keranjang
2 ubi manis
1 butir telur
60 gr tepung panko

Cara Membuat:
Potong-potong kue keranjang berbentuk bulay kecil.
Kukus ubi manis, lalu hancurkan hingga lembut.
Bungkus kue keranjang dengan ubi manis dan bentuk bulat.
Celupkan ke telur alu gulingkan ke tepung panko.
Panggang dalam oven pada suhu 175C hingga keemasan.

4. Resep Kue Ongol Keranjang

Bahan:
Kelapa parut
Kue keranjang

Cara Membuat:
Potong-potong kecil kue keranjang, lalu gulingkan di parutan kelapa muda tadi.
Beri garam pada kelapa parut agar lebih gurih.

5. Resep Wedang Roti Kue Keranjang

Bahan:
50 gr kue keranjang (potong kecil)
3 lembar roti tawar (potong kecil)
2 sdm kismis
4 cm jahe segar
1 batang serai
¼ sdt garam
2 sdm gula pasir
150 gr gula merah
500 ml air

Cara Membuat:
Panggang roti hingga kering. Sisihkan.
Masak air dengan garam, gula pasir, gula merah, pandan, serai dan jahe hingga mendidih.
Tambah potongan kue keranjang dan masak.
Lalu, masukkan santan dan masak hingga mendidih bersama roti. Sajikan.