Bolu Gulung Batik

Resep Bolu Gulung Batik & Tips Menggulung Bolu Anti Patah

Bolu gulung batik menjadi populer karena keunikan motifnya. Batik yang menjadi khas Indonesia tampak sangat cantik dipermukaan bolu gulung. Untuk membuatnya juga sangatlah mudah dengan resep berikut ini:

Gambar terkait

Bolu gulung batik menjadi populer karena keunikan motifnya. Batik yang menjadi khas Indonesia tampak sangat cantik dipermukaan bolu gulung. Untuk membuatnya juga sangatlah mudah dengan resep berikut ini:

Resep Bolu Gulung Batik

Hasil gambar untuk bolu gulung batik

Bahan:

3 butir telur

100 gr gula pasir

½ sdt emulsifier

100 gr tepung terigu

50 gr mentega

50 ml minyak sayur

¼ sdt garam

Pewarna

Bahan Isian:

Selai blueberry (selera)

Cara Membuat:

Gambar terkait

• Kocok telur dan gula hingga mengembang, lalu masukkan tepung terigu dan aduk balik dengan spatula.

• Tambahkan minyak dan mentega, aduk kembali.

• Lalu, bagi adonan menjadi beberapa warna, lalu ambil sedikit adonan yang dimasukkan ke pipping bag.

• Siapkan kertas roti yang sudah digambar dengan pensil dengan motif batik pilihan Anda.

• Lalu oles Loyang dengan mentega dan tempel kertas roti.

• Lukis kertas roti dengan motif batik menggunakan adonan yang sudah diwarnai. Lalu kukus selama 2 menit agar tak terlalu basah dan set.

• Tuang adonan keseluruhan dan kukus hingga matang.

• Angkat dan dinginkan, lalu baru buka perlahan kertas roti.

• Oleskan selai ke bolu, lalu gulung pelan-pelan.

Tips Menggulung Bolu

Hal yang paling sering gagal saat membuat bolu gulung batik adalah saat menggulungnya. Kesalahan teknik bisa membuat kue menjadi pecah atau patah. Untuk itu, coba tips ini agar bolu gulung batik tetap lembut.

1. Gulung Saat Kondisi Panas

Bolu yang baru dikeluarkan dari oven memiliki tekstur yang masih lembut dan empuk. Maka, ini adalah kesempatan untuk menggulung bolu saat masih panas. Bolu yang sudah dingin akan lebih keras membuat bolu sulit digulung secara sempurna, justru akan membuatnya patah.

2. Pakai Alas untuk Menggulung

Siapkan alas untuk menggulung bolu gulung batik. Alas tersebut seperti kertas roti atau sehelai kain bersih. Lalu, taburi alas tersebut dengan sedikit gula halus agar kulit bolu gulung batik tidak menempel di alas saat digulung.

3. Isian Bolu Gulung

Bolu gulung dengan isian adalah kue yang sangat sempurna. Jika Anda ingin memberikan isian krim pada bolu gulung batik, maka pastikan bolu masih panas lalu diamkan sebelum gulungan dibuka kembali. Setelah membuka gulungan tersebut, maka dinginkan bolue dan tambahkan bahan isian. Teknik menggulung saat panas lalu membukanya kembali akan membuat tekstur bolu tetap lentur saat dingin. Untuk isiannya, Anda bisa langsung menambahkannya saat keadaan panas.

4. Tingkat Kematangan

Tingkat kematangan sangatlah penting karena bisa menentukan patah atau tidaknya bolu tersebut. Maka, pastikan bahwa temperature dan waktu memanggang bolu tepat sehingga tekstur tetap lembut. Namun, jika ternyata bolu kering saat diangkat, maka sebaiknya oles dengan air gula lalu diamkan hingga meresap, lalu beri filling dan gulung.

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat bolu gulung batik? Anda bisa berkreasi dengan motif batik yang beranekaragam dengan warna-warni cantik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *