Makanan Khas Bali, Nasi Campur di Ubud yang Bikin Kangen

Nah, kali ini Sukalaper bakal ajak kalian melancong sebentar ke Bali nih! Di Bali gak Cuma indah dengan pesona alamnya tapi juga kulinernya.

Makanan Khas Bali

Kalau ke Bali, kayanya kamu gak boleh kelewatan untuk cobain nasi campur. Sebenernya, setiap wilayah tertentu punya nasi campur yang khas. Namun, nasi campur Bali jadi makanan khas Bali yang punya karakter dan ciri khasnya tersendiri. Umumnya, nasi campur Bali di makan saat sarapan. Kalau kamu ke Bali, cobain nasi Campur Kedawetan Ibu Mangku di Ubud nih.

  • Nasi Campur Kedawetan Ibu Mangku

Walaupun dalam 1 porsi ada banyak lauk, tapi ternyata nasi campur ini sama sekali gak terasa “berat” dimakan pada pagi hari lho!

Dalam 1 porsi nasi campur berisi sate lilit, lawar, ayam betutu, ada potongan kecil ayam goreng, sambal matah, dan siraman kuah pedas diatas nasi. Sedap dan nikmatnya makanan khas Bali yang satu ini punya paduan seimbang yang membuatnya tak saling menunjukkan cita rasanya.

449
Sukalaper

Tapi ada satu yang sangat lezat dari 1 porsi nasi campur Bali ini, yaitu sate lilit. Mungkin, kamu bisa dengan mudah temukan sate lilit di Bali, tapi buat SukaLaper, gak ada yang seperti sate lilit ini. Sate lilitnya beraroma rempah dan serai yang sangat harum ditambah rasa rempah berpadu dengan daging ikan yang segar.

Selain sate lilit, ayam betutunya juga memberikan rasa yang melengkapi perpaduan dalam nasi campur ini. Adanya potongan gorengan ayamnya membuat nasi campur ini memiliki tekstur renyah yang enak.

Selain Nasi Campur Kedawetan bu Mangku, Ubud yang saya cicipi, kalau kamu ke Bali juga bisa cicipi nasi campur di beberapa tempat recommended ini nih!

  • Nasi Campur Men Weti

Buka dari pukul 7 pagi, nasi campur Men Weti sudah melayani perut-perut kamu yang lapar. Berada di warung yang cukup sederhana, nasi campur ini selalu ramai bahkan hingga di saat menjelang tutup yaitu pukul 2 siang. Dari turis hingga warga lokal pasti mengetahui tempat makanan khas Bali yang satu ini.

Dalam 1 porsi terdiri dari ayam kampung betutu yang sudah di suir, sambal matah, jukut sayuran, suiran ikan laut, sambal cabe goreng, telor pindang dan kulit ayam goreng berserta kacang tanah goreng yang menambah tekstur pada nasi.

Nasi Campur Men Weti berada di dekat Pantai Sanur, maka kamu bisa temukan warung kecil dengan banyak sekali orang mengatre. Alamat tepatnya ada di Jalan Segara Ayu Sanur Bali.

  • Nasi Campur Wardani

Berada di Jalan Yhistira no.2, Denpasar Bali, kamu bisa mencoba nasi campur ini saat berada di Denpasar. Di Warung Wardani tak hanya menyediakan nasi campur, tapi juga soto ayam, soto babat, gado-gado hingga kare.

Dalam 1 porsi nasi campur Bali terdapat aneka lauk, seperti udang goreng, sate daging, ayam suwir, telur bumbu Bali, tumis sayur buncis, dll.

Cheers,

sukalaper

Tips Trik Gratis: 6 Kitchen Hack yang Mempermudah Urusan Dapurmu

Di kumpulan tips yang satu ini berguna banget untuk kamu yang suka masak. Ada tips trik gratis yang bisa kamu coba dirumah untuk memudahkan segala urusan dapur. Cusss coba yuk!

Tips Trik Gratis di Dapur

  • Melunakkan mentega

Banyak orang kesulitan melembutkan mentega yang baru disimpan dari kulkas. Tak jarang kamu harus menunggu beberapa menit agar mentega lebih lembut. Hal ini bisa-bisa memperlambat durasi kamu memasak kan?

So, begini aja caranya!

Soften butter in minutes.

Ambil gelas lalu tutup potongan mentega dengan gelas tersebut. Lalu tuangkan air hangat dari atas gelas atau masukkan kedalam microwave beberapa detik. And voilaaa… mentega pun langsung lembut dan siap digunakan.

  • Memarut Jagung

Kalau kamu suka membuat bakwan jagung atau bubur jagung, durasi mengolah bisa memakan waktu. Bahkan saat memarut jagung tak jarang berceceran kemana-mana. Malesin banget kan kalo dapur berantakan? So, coba tips trik gratis ini nih!

Siapkan cetakan pudding atau agar-agar yang memiliki bolongan di tengahnya. Lalu letakkan jagung berdiri di tengah dan sisir biji jagungnya. Biji jagung pun berjatuhan rapi tanpa berceceran kemana-mana.

  • Memilih Alpukat yang Matang

Remove avocado stems to gauge its ripeness.

Lihat bagian pangkal buah alpukat, lalu ambil bagian bulat kecilnya, jika didalamnya berwarna coklat maka alpukat sudah terlalu matang. Jika warna pangkay kekuningan maka alpukat matang sempurna.

  • Pisang Lebih Tahan Lama

Wrap the top of your bananas with plastic wrap and they'll last four to five days longer.

Jika kamu ingin pisang dirumah tidak cepat matang dan layu, maka cukup bungkus batang atau pangkal buah pisang dengan platic wrap. Maka, buah pisang pun bisa lebih tahan laman hingga 5 hari.

  • Mengupas kulit telur rebus

Kalau kamu harus mengupas banyak telur rebus, bisa jadi peer yang lama nih! Nah ada cara cepatnya! Kamu cukup masukkan telur yang sudah direbus kedalam gelas, lalu tuang air dan kocok atau guncangkan gelas beberapa kali. Kulit telur pun bisa dengan mudah kamu ambil.

  • Agar rebusan di Panci Tak Meluap

Di beberapa masakan seperti masakan yang mengandung santan, merebus mie, bubur, dll terkadang meluapkan air karena semakin panas. Untuk menyiasatinya, kamu bisa ambil spatula kayu lalu letakkan diatas panci yang sedang merebus, maka air pun tak akan meluap.

Selamat mencoba 🙂

Cheers,

sukalaper

Resep Masakan Jepang: Gyoza yang Praktis Dibuat Dirumah + Bisa untuk Bekal

Gak harus beli gyoza di restoran Jepang, sekarang kamu bisa bikin gyoza sendiri lho dirumah. SukaLaper akan berbagai resep kulit, isian hingga saus gyoza yang lezat!

Yuk coba!

Resep Masakan Jepang Gyoza

Resep Kulit Gyoza

Bahan:
250 gr tepung terigu
Garam secukupnya
125 ml air

Cara Membuat kulit gyoza:

  • Masukkan garam kedalam air panas, lalu tambahkan tepung terigu. Campuh hingga kalis.
  • Setelah itu, diamkan selama 30 menit.
  • Setelah diistirahatkan, adoni adonan hingga lembut dan siap dibentuk.

Cara Membentuk Kulit Gyoza:

  • Ambil adonan, lalu bentuk silinder.
  • Potong-potong adonan silinder menjadi beberapa bagian lalu pipihkan.
  • Agar adonan yang sudah dibentuk tidak menempel satu sama lain, taburkan tepung maizena diantaranya.

Resep Gyoza Ayam

Bahan:
2 sdm daun bawang (cincang)
100 gr daging ayam (cincang)
1 siung bawang putih (haluskan)
1 sdm saus tiram
1 sdm minyak wijen
Garam secukupnya

Cara Membuat Gyoza:

  • Campur daging ayam dan daun bawang cincang, bawang putih, garam dan saus tiram. Aduk rata.
  • Ambil 1 sendok teh campuran daging ayam dan masukkan ke kulit gyoza
  • Oleskan air ke bagian kulit, lalu lipat. Lakukan hingga kulit gyoza habis.
  • Tata gyoza dalam penggorengan. Lalu masak sebentar dan tambahkan air sedikit dan tutup. Lalu masak dengan cara di steam.
  • Masak hingga kecokelatan dan angkat lalu sajikan.

Resep Saus Gyoza

Bahan:
Kecap asin
Cuka
Chili oil

Cara Membuat:
Campur semua bahan jadi satu dan aduk rata.

Gimana? Mudah bukan membuat gyoza? Kamu bisa prakatekkan sendiri nih dirumah. Kamu juga bisa bikin dalam porsi banyak, lalu simpan di freezer. So, kamu punpunya frozen food homemade sendiri tanpa harus beli diluar.

Dengan membuat gyoza sendiri dirumah, maka kamu bisa dapatkan cemilan yang berkualitas, enak dan tentunya tanpa bahan pengawet.

Oiya, kalau kamu gak mau ribet bikin kulit gyoza sendiri, kamu juga bisa beli kulit dumpling yang sudah ada di toko atau pasar. Ini bisa menjadi cara praktis membuat gyoza lebih cepat. Untuk hasil juga tak jauh berbeda kok! Selamat mencoba ya!

Cheers,

sukalaper

Gyoza yang Renyah dan Lembut didalam ini Bikin Nagih!

Kalau kamu suka makan makanan Jepang, pasti tau gyoza. Gyoza adalah makanan mirip dumpling atau pangsit versi Jepang. Gyoza sering dijadikan makanan pendamping di beberapa makanan utama Jepang. Yang menjadi menarik adalah, gyoza bisa dibuat dengan beberapa cara yaitu di kukus atau goreng. Namun, pada resep gyoza aslinya, makanan ini di goreng lalu dikukus? Wah, seperti apa ya?

Cobain Gyoza Gorengggggggg!

Pas banget karena Suka Laper berkesempatan untuk cobain Gyoza di restoran Jepang di Jakarta. Gyoza yang dipilih adalah digoreng.

gyoza
Photo by SukaLaper
  • Rasa (8.5/10): Rasa gyoza ini gurih dengan rasa udang yang sangat terasa. Isi gyoza yaitu udang beneran! Bukan tepung-tepungan atau isian lainnya!
  • Tekstur (8.5/10): Tekstur pertama yang dirasakan adalah renyah “kriukkk”. Setelah digigit, kamu akan merasakan isian yang lembut.
  • Aroma (8/10): Aroma seafood sangat terasa di gyoza goreng ini, makin nikmat dimakan saat masih hangat.

Gak Cuma Jepang yg Punya Dumpling

Gyoza paling pas sebagai side dish atau makanan pendamping dari makanan Jepang seperti ramen dan bento. Selain enak untuk side dish, gyoza juga populer sebagai bekal anak lho!

Sumber: Serious Eat

Maka, di beberapa inspirasi menu bento banyak menggunakan gyoza sebagai lauknya. Isi gyoza yang penuh dengan protein membuatnya cocok sebagai bekal ke kantor atau sekolah.

Gyoza yang merupakan dumpling ala Jepang ini ternyata memiliki “saudara” dengan dumpling lain yang mirip dari korea dan cina.

Kalau Jepang ada Gyoza, maka Cina ada Jiaozi dan Mandu dari korea.

Jiaozi

Jiaozi dari cina biasanya berisi daging babi atau udang ditambah sayuran cincang. Adonan kulitnya dibuat dari tepung terigu, garam dan air. Lalu jiaozi di rebus sehingga banyak orang menganggapnya mirip seperti ravioli.

Kalau gyoza memiliki kulit yang lebih tipis dari Jiaozi. Sehingga rasanya lebih terasa ringan untuk sebuah dumpling. Selain itu, aroma bawang putih pun menyeruak sesaat kamu gigit gyoza.

Mandu

Mandu, dumpling ala korea memiliki ukuran yang lebih besar dan berisi macam sayuran, daging atau jamur. Tak hanya sebagai side dish, banyak orang Korea membuat sup dengan mandu yang nikmat disantap saat cuaca dingin.

Nah, sudah tahu perbedaan dumpling di asia selain gyoza? SukaLaper juga akan share resep gyoza untuk kamu bikin sendiri dirumah. Stay Tune ya!

Resep Masakan Jepang: Gyoza yang Praktis Dibuat Dirumah + Bisa untuk Bekal

Cheers,

sukalaper

Resep Bebek Peking Merah Homemade serasa Bebek Panggang Cina Asli

Kini kamu bisa membuat bebek peking sendiri lho dirumah. Tak perlu jauh-jauh ke cina atau restoran, kamu cukup lengkapi semua bahan membuat bebek peking ini dan VOILA… bebek peking buatan rumahan bisa kamu nikmati.

Nah, SukaLaper ingin berbagi resep bebek peking merah khas Cina, catet yaaa bahan dan cara membuatnya.

Resep Bebek Peking Merah

Easy Peking Duck, by http://thewoksoflife.com /thewoksoflife/:

Bahan:
1 ekor bebek peking
1 buah mentimun
1 butir telur

Bumbu:
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah pekak
2 sdm bumbu ngohiong
2 sdm saus cabai
1 sdt ketumbar
2 sdt lada

Bahan Saus:
6 sdm gula pasir
6 sdm kecap manis
1 ½ sdm minyak wijen
1 sdt garam
125 ml air

Cara Membuat:

After getting through deep-fried Sichuan duck, I wanted to see if I can make decent Peking duck at home. The elaborate process takes days so I hope you’ll join in the process and see what happens along the way. You’ll either laugh, cry, and/or get hungry. Where and how to buy a duck? I don't have a live poultry shop near me so I bought my duck at a Chinese market in San Jose, California. Such a grocery store has a high turnover of duck and they are freshly butchered with the head and feet sti...:

  • Cuci bersih bebek
  • Campur semua bumbu bebek menjadi Satu
  • Masukkan semua bumbu ke dalam tubuh bebek lalu lumuri juga bagian luarnya.
  • Lalu jahit bagian anus bebek agar bumbu tidak tumpah saat di masak.
  • Gantung bebek selama 8-9 jam agar bumbu meresap.
  • Panaskan oven, lalu panggang bebek selama 1 jam atau hingga berwarna cokelat.

Cara membuat saus:

  • Campur semua bahan saus kecuali minyak wijen.
  • Panaskan minyak wijen di wajan dan masak hingga mengetal.
  • Sajikan

Nah, mudah kan?
Kamu bisa ikuti resep SukaLaper diatas dan buktikan rasanya gak kalah dari bebek peking di restoran lho!

Selamat Mencoba!

Cheers,

sukalaper

Ini Si Bebek Peking yang Punya Kulit Renyah & Merah Meronaaaaaa

Bebek peking, kalau kamu denger nama ini pasti 1 hal yang paling diingat adalah makanan khas cina. Bedanya bebek peking dari bebek jenis lain adalah kualitas dagingnya. Selain itu, bebek peking panggang khas Cina juga diolah dengan bumbu khasnya.

Nah, kebetulan SukaLaper berkesempatan makan siang di salah satu resto yang menyajikan Bebek Peking di Jakarta. Dalam 1 porsi, SukaLaper pesan bebek peking dan roasted duck, keduanya memiliki rasa yang berbeda.

bebek peking
Sumber: SukaLaper Personal Photo

Restoran yang berada di Cilandak Town Square (CITOS) ini menyajikan berbagai olahan bebek panggang dengan bumbu yang berbeda. Nah, demi merasakan rasa asli bebek peking, SukaLaper pesan menu bebek yang hanya dinikmati bersama sausnya.

Begini ulasannya:

  • Tampilan: Menurut SukaLaper, tampilan sangat menggoda iman…hehe. Warna merah merona yang mengkilap bikin sumpitmu segera mendarat di dagingnya yang tebel. Dalam 1 porsi, terdapat 2 jenis bebek panggang dengan garnish yang khas makanan cina, sayuran wortel dan mentimun.
  • Rasa: Untuk rasa, personally Sista SukaLaper suka dengan roasted ducknya (yang berwarna coklat). Kenapa? Karena rasanya lebih meresap dan empuk. Untuk bebek yang berwarna merah memiliki tekstur lebih padat, tapi sayang bumbunya tidak semeresap roasted duck.
  • Tekstur: Roasted duck punya tekstur daging yang lembut sedangkan peking duck sangat terasa serat daging bebeknya yang tebal.

Overall Score: 8.5/10

Setelah coba bebek peking ini, SukaLaper dibikin penasaran sama warna merah dari peking duck ini. Hemm…. Dikasih pewarna atau apa yaa? TERNYATA……

Angkak, Jawabannya!

bebek peking
angkak

Sudah pernah dengar rempah yang satu ini kah? Ternyata, angkak ini nih yang bikin bebek panggang cina tampak merah. Di beberapa restoran bebek peking bisa benar-benar merah bahkan seakan diberi pewarna makanan. Eitsss, tapi nggak kok, tenang aja, karena angkak adalah rempah yang terbuat dari beras putih yang di fermentasi menjadi warna merah.

Baca juga:

Resep Bebek Peking Merah Homemade serasa Bebek Panggang Cina Asli

Penggunaan angkak ternyata banyak di obat-obatan cina lho! Jadi, buat kamu yang kini takut makan bebek peking karena warnanya merah merona, gak perlu khawatir deh mulai sekarang. Tapi, kamu harus pastikan kalau beli bebek panggang cina ini di restoran yang memang sudah terpercaya, jadi gak perlu khawatir soal cara mengolahnya.

Oiyaaa… yang bikin bebek panggang ini makin yummy adalah kulitnya yang renyah. Kalau di restoran bebek goreng mungkin kamu temukan kulit bebek yang garing karena proses menggoreng yang lama. Nah, kalo ini beda nih… Kamu bisa merasakan renyahnya kulit bebek yang tipis dengan daging yang lembut dan moist, hmmmm…yumm…

Buat kamu yang pengen coba bebek panggang beda dari yang lain, bebek peking khas Cina ini bisa dicoba nih!

Cheers,

sukalaper