Tips menyimpan Sayuran & Bahan Makanan di Kulkas agar Tetap Segar

Tips & Life HackLeave a Comment on Tips menyimpan Sayuran & Bahan Makanan di Kulkas agar Tetap Segar

Tips menyimpan Sayuran & Bahan Makanan di Kulkas agar Tetap Segar

Kali ini Sukalaper mau sharing beberapa tips menyimpan sayuran yang sering menjadi problematika #tsaah diantara kalian nih!

Menyimpan sayuran atau bahan lainnya seperti bawang dan buah ternyata tidaklah bisa sembarangan. Kamu butuh trik tersendiri agar sayuran tetap segar setelah beberapa hari dibeli.

Tomat: Apakah kamu masih menyimpan toman di kulkas? Mulai sekarang sebaiknya hindari nih! Kenapa? Tomat akan menjadi layu dan tidak renyah jika disimpan di kulkas, jadi cukup simpan pada suhu ruangan.

Tips menyimpan Sayuran

  • Wortel: Simpan wortel di dalam plastik yang berlubang agar ada sirkulasi udara sehingga kesegarannya masih terjaga.

  • Bawang: Agar bawang tetap segar, maka kamu bisa gantung di tempat terbuka.

  • Kentang: Simpan kentang di tempat yang sejuk tapi jangan simpan di kulkas ya.

Nah, setelah tahu sayuran apa saja dan bagaimana menyimpannya, kini cari tahu tips menyimpan makanan di kulkas agar tetap segar.

Tips Menyimpan Bahan Makanan

  • Rajin Membersihkan Kulkas

Jangan tunggu kulkas hingga kotor baru kamu bersihkan. Jika kamu menemukan bahan makanan yang busuk, maka sebaiknya segera buang agar bahan makanan yang lain tidak terkontiminasi. Pastikan juga kalau kulkas selalu kering dengan tidak ada cairan yang bisa menetes ke bahan makanan yang lain.

  • Gunakan Daun Salam

Tak hanya digunakan untuk memasak, daun salam juga bisa digunakan untuk menjauhkan kutu dari beras. Cukup letakkan daun salam di penyimpanan beras maka serangga tak akan berani dekat beras. Ganti daun salam setiap 3 bulan sekali.

  • Gunakan Kentang

Jika kulkasmu berbau busuk, maka letakkan belahan kentang di beberapa spot kulkas. Jangan lupa juga untuk mengganti belahan kentang setiap 3 hari sekali.

  • Simpan Telur yang Benar

Cara menyimpan telur yang benar adalah dengan meletakkan ujung kecil di bagian bawah. Cara ini agar memastikan kantung udara yang di atas tidak tertekan oleh berat telur yang bisa mengakibatkan pecahnya kantung udara. Kantung udara yang pecah dapat mempercepat pembusukkan.

  • Pisahkan Apel dengan Buah Lainnya

Jika kamu menyimpan apel di kulkas, maka sebaiknya pisahkan dengan buah lainnya, karenan apel mengeluarkan gas tertentu yang dapat menyebabkan buah dan sayuran lainnya membusuk.

  • Cara Menyimpan Roti

Pakai irisan kecil apel atau kentang di dalam wadah tempatmu menyimpan roti agar roti lebih tahan lama dan segar.

  • Cara Simpan Daging

Agar daging tetap segar, maka jangan melepas pembungkus yang justru meningkatkan resiko paparan bakteri. Jika tidak ada pembungkus, gunakan piring sebagai alas.

Sekarang tinggal kamu praktekkan nih tips menyimpan sayuran dan bahan makanan lainnya yang perlu kamu tahu.

Cheers,

sukalaper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top